Advertisement

Presidensi G20 Mampu Geliatkan Pariwisata di DIY

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 18 Mei 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Presidensi G20 Mampu Geliatkan Pariwisata di DIY Tangkapan layar Diskusi Pariwisata Seri 2 2022, Presidensi G20 Indonesia: Momentum Geliatkan Sektor Pariwisata, Rabu (18/5/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Presidensi G20 di Indonesia menjadi momentum menggeliatkan sektor pariwisata DIY. Gelaran ini dinilai bisa memberi efek yang baik ke depan.

Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Budiharto Setyawan mengatakan ekonomi DIY pada triwulan I/2022 menunjukkan tren pertumbuhan yang cukup baik, yakni sekitar 2,91% (yoy). Presidensi G20 dinilai juga menjadi pendukung pemulihan ekonomi.

Advertisement

“G20 menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan. Peluang pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif juga. Tidak berhenti di G20, namun terus berkelanjutan dengan sinergi,” ucap Budiharto, saat Diskusi Pariwisata Seri #2 2022, Presidensi G20 Indonesia: Momentum Geliatkan Sektor Pariwisata, Rabu (18/5/2022).

BACA JUGA: Insentif PPN Dikurangi, BI: Harga Rumah Tinggal Naik

Budiharto menambahkan, BI mencoba mengambil peran termasuk mendukung UMKM yang juga menjadi bagian dari pariwisata. Kantor BI yang berada di luar negeri bisa dimanfaatkan menjadi showcase.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharjo mengatakan momentum ini menjadi kampanye, sosialisasi kesiapan DIY.

“Hadirnya G20 menjadi bagian promosi wisata. Ini merupakan investasi kedepan. Keberlangsungan pariwisata lebih pertajam lagi, ini momentum yang baik,” ucap Singgih.

Pariwisata bertautan dengan ekonomi kreatif yang di dalamnya terdapat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Momentum ini juga bisa mendukung promosi dari para pelaku UMKM. Selain itu dengan gelaran meeting berskala internasional ini, DIY mampu menyelenggarakan berbagai event internasional.

BACA JUGA: Perempuan Terus Didorong Berperan Dukung Perekonomian

Advertisement

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan rangkaian G20 dapat terjadi penyebaran wisatawan di berbagai daerah. Dikatakannya industri pariwisata di DIY juga melakukan sejumlah langkah, untuk mendukung pariwisata DIY yang bertanggung jawab.

Bobby juga mengharapkan dengan diskusi pariwisata ini dapat memberi manfaat ke depan. “Harapannya berbagai event yang ada berdampak panjang, dan positif. mendukung pemulihan sektor ekonomi,” ucap Bobby.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Laboratorium Kalibrasi Perlu Diakreditasi, Ini Manfaatnya..

Jogja
| Kamis, 30 Juni 2022, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Brrrrrrr! Dieng Membeku, Suhu Minus 1 Derajat

Wisata
| Kamis, 30 Juni 2022, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement