Advertisement

Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023, Ini Kesiapan DIY

Abdul Hamied Razak
Kamis, 08 Desember 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023, Ini Kesiapan DIY GKR Bendara. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Jogja bersiap menggelar perhelatan akbar ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan digelar pada 2-5 Februari 2023. Kegiatan tersebut digelar menyusul kesuksesan Jogja menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) tahun ini.

Ketua Pelaksana ATF 2023, GKR Bendara mengaku sudah menggelar rapat koordinasi untuk memastikan sinergi terbaik penyelenggaraan perhelatan ATF 2023.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Pada prinsipnya 100 persen dukungan dan kesiapan masyarakat Jogja kami curahkan sepenuh hati dan tenaga untuk mensukseskan perhelatan akbar ini," katanya melalui rilis, Kamis (8/12/2022).

Untuk itu, dia mengajak seluruh pemangku kepentingan destinasi pariwisata Indonesia untuk memanfaatkan momen penting ATF 2023 dengan turut berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan ATF 2023

Salah satu agenda utama dalam ATF 2023 adalah Travel Exhance (Travex). Dia berharap agar kalangan industri pariwisata dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan pertemuan strategis ini dan dapat berpartisipasi di pertemuan business to consumerce (B2C) dan business to business (B2B).

BACA JUGA: Bulan Ini 200.000 Ton Beras Impor Tiba di Indonesia

Untuk mengoptimalkan dan memastikan persiapan dan penyelenggaraan terbaik, lanjut Bendara, Gubernur DIY, Sultan HB X membentuk lima kelompok kerja (pokja/co-chair) kepanitian penyelenggaraan ATF 2023.

Kelima pokja yang dibentuk tersebut terdiri dari Co-Chair 1 untuk Government to Government (G2G) Meeting & Conference; Co-Chair 2 untuk Travex & Exhibition; Co-Chair 3 untuk Function & Side Event; Co-Chair 4 untuk Amenities; dan Co-Chair 5 untuk Partnership dan Public Relations.

Infrastruktur

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharjo mengaku siap menjadi tuan rumah dan penyelenggara ATF 2023 pada 2-5 Februari 2023. 

Berbagai persiapan saat ini dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan event ini pada waktunya nanti. "Sebagai bentuk dukungan utama untuk ATF 2023, Pemda DIY siap menghelat Royal Dinner untuk seluruh delegasi peserta ATF 2023," katanya.

DIY, lanjut Singgih memiliki kelengkapan sarana dan infrastruktur untuk penyelenggaraan ATF 2023 sesuai dengan kriteria ASEAN MICE Venue Standard.

Mulai dari Venue MICE Internasional di Jogja Expo Center (JEC) dengan total luas ruangan lebih dari: 10.000 meter persegi; Yogyakarta Internasional Airport yang memiliki penerbangan langsung dari negara ASEAN (Singapura dan Malaysia).

Begitu juga dengan akomodasi. Di DIY ada sekitar 168 hotel bintang, dengan total 16.293 kamar.

"Para delegasi juga akan disuguhi Indonesia Culinary Festival & Creative Economy Industries Exhibition yang memberikan kesempatan bagi komunitas UMKM untuk berpartisipasi. Warga DIY dan sekitarnya juga diundang untuk turut meramaikan ajang tersebut," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Stikom Pamerkan Karya Mahasiswa di Tempat Bersejarah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Cacing-cacing di Terowongan Terbengkalai Ini Memancarkan Cahaya Biru di Malam Hari

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement