Advertisement

4 Ide Usaha di Rumah untuk Wanita, Coba yuk!

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 17 Februari 2023 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
4 Ide Usaha di Rumah untuk Wanita, Coba yuk! Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Meski menjadi ibu rumah tangga, seorang perempuan juga mempunyai hak untuk tetap menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Saat ini banyak usaha yang bisa dilakukan di rumah oleh para ibu rumah tangga. Bahkan bisnis-bisnis ini juga bisa menjadi usaha sampingan bagi para perempuan karier dan menjadi bisnisnya yang tokcer. 

Advertisement

Dilansir dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, berikut ini ide usaha yang bisa dilakukan di rumah. 

1. Toko Online

Ide usaha sampingan pertama yang bisa dilakukan di rumah yaitu membuka toko online. Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat segala sesuatu mudah dilakukan termasuk menjual produk secara online melalui e-commerce. 

Peluang usaha dengan membuka toko online ini cukup menjanjikan karena bisa dilakukan setelah menyelesaikan pekerjaan utama. Strategi marketing yang baik diperlukan disini sehingga membuat produk yang Anda jual bisa laku dipasaran.

Baca juga: Mencetak Untung dari Miniatur Kereta Api

Saat ini teknik marketing yang umum dan banyak digunakan yaitu melalui live streaming. Jika hanya memajang produk pada etalase toko online saja akan sangat sulit menaikkan traffic toko. Berbeda hal jika menggunakan teknik siaran langsung yang bisa menjangkau lebih banyak pengunjung toko online.

2. Dropshipper atau Reseller

Ide usaha selanjutnya yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah yaitu ada pekerjaan sebagai dropshipper atau reseller. Kedua pekerjaan sampingan ini memang hampir mirip tetapi ternyata ada perbedaan dari keduanya.

Pekerjaan sebagai dropshipper yaitu pekerjaan mempromosikan sebuah produk dari sebuah toko pilihan dan jika ada yang membeli maka Anda akan mendapatkan keuntungan. Tidak perlu mengeluarkan modal, tidak perlu stok barang, dan tidak perlu memiliki sample barang.

Pekerjaan ini bisa dikatakan sebagai perantara antara penjual dan pembeli atau sebagai orang ketiga. Pembeli akan membeli produk dari Anda, kemudian Anda akan membeli dari penjual utama dan meminta penjual utama mengirimkan produk ke alamat pembeli. 

Sedangkan untuk reseller merupakan pekerjaan menjual produk dari toko lain tetapi biasanya Anda harus melakukan stok produk terlebih dahulu. Selain itu, biasanya untuk menjadi reseller juga perlu minimal pembelian produk. Pembeli akan melakukan pembelian langsung dari Anda dan Andalah yang mengirimkan barang tersebut. 

3. Agen Pulsa

Ide usaha sampingan selanjutnya yang bisa dilakukan di rumah yaitu menjadi agen pulsa. Sebagai agen pulsa yang penting dibutuhkan yaitu respon cepat dalam menghadapi pelanggan. Usaha sampingan ini bisa dilakukan jika pekerjaan utama Anda tidak terlalu sibuk. Sehingga Anda tetap bisa melayani pembeli di rumah dengan cepat. Ide usaha ini juga cocok untuk ibu rumah tangga. 

4. Content Creator

Ide usaha sampingan selanjutnya yaitu menjadi content creator di berbagai platform digital atau sosial media. Menjadi seorang content creator jika sudah memiliki banyak penonton atau followers akan menghasilkan banyak keuntungan. 

Penghasilan dari bisnis sampingan ini bisa berasal dari endorse produk, media partner, adsense, dan lain sebagainya. Walaupun demikian, diperlukan konsistensi dan keseriusan dalam menjadi content creator. Pasalnya, persaingan menjadi content creator juga terbilang sulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement