Advertisement

Keberadaan Jalan Tol Dongkrak Minat Beli Mobil? Ini Kata Dealer..

Anisatul Umah
Kamis, 13 April 2023 - 11:17 WIB
Jumali
Keberadaan Jalan Tol Dongkrak Minat Beli Mobil? Ini Kata Dealer.. Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur salah satunya jalan tol. Beberapa ruas mulai beroperasi guna menunjang arus mudik pada lebaran 2023 ini. Lalu keberadaan jalan tol ini apakah berdampak pada minat masyarakat membeli mobil?

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Dibuka 6 Kilometer, Bisa Menghemat Waktu Sampai 10 Menit

Advertisement

General Manager Sumber Baru Mobil, Rizki Indriananta mengatakan keberadaan tol mendorong keinginan orang untuk membeli mobil. Tetapi, menurutnya, saat ini daya beli masyarakat sedang turun.

Sebab, meski sudah dikeluarkan paket dan program menarik untuk mendongkrak penjualan, namun target di Kuartal I capaiannya hanya 70-75 persen.

"Kembali lagi soal kemampuan finansial masing-masing konsumen. Meningkatkan keinginan orang beli mobil, tapi kembali ke daya beli," katanya, beberapa hari lalu.

Meski demikian dia berharap keberadaan jalan tol bisa mendorong minat masyarakat untuk membeli kendaraan. Apalagi pandemi sudah melandai dan tol makin menjangkau ke daerah-daerah. Sehingga diharapkan akan banyak orang yang mudik melalui tol.

General Manager Nissan Jogja, Irawan Nurisman mengungkapkan dampaknya mungkin tidak secara langsung. Namun bagi masyarakat yang kerap bepergian ke luar kota dan mobilitasnya tinggi, keberadaan tol menjadi pilihan menarik.

"Jarak tempuh yang lebih cepat, di situ menimbulkan keinginan orang untuk membeli mobil baru. Karena menggunakan jalan tol performa mobil harus prima, kecepatan, dan safety. Secara tidak langsung ada efek," paparnya.

Merujuk pada proyeksi pertumbuhan otomotif di Indonesia, secara umum trennya positif. Pengaruhnya lebih banyak dari isu global, seperti ketegangan Rusia-Ukraina dan Taiwan-China.

"Salah satu yang kami khawatirkan karena berdampak ke global. Khususnya Taiwan, salah satu produsen terbesar untuk chip di mana ini jadi salah satu part dari kendaraan bermotor."

Lebih lanjut dia menyampaikan, sentimen dari dalam negeri cenderung lebih baik. "Tahun 2023 ini kami konsennya ke hal-hal yang terjadi di dunia global. Ada Israel-Palestina, takutnya efek domino ke situ," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement