Advertisement

Ini Tips Hadapi Kesulitan Finansial Pascalebaran

Galih Eko Kurniawan
Selasa, 09 Mei 2023 - 06:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ini Tips Hadapi Kesulitan Finansial Pascalebaran Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lebaran yang jadi momen ditunggu-tunggu mayoritas masyarakat Indonesia kerap kali justru membuat orang merogoh kocek dalam-dalam karena kurang bisa mengelola tunjangan hari raya (THR).

Situasi yang kerap memunculkan kecemasan finansial, yakni suatu perasaan ketakutan, kekhawatiran, atau cemas yang dapat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang, terutama dikarenakan kurangnya persiapan dalam menghadapi pengeluaran.

Advertisement

Psikolog keluarga, Ayank Irma, menilai menjadi hal yang penting bagi seseorang untuk merencanakan keuangannya dengan baik dan mengatur pengeluaran mereka dengan bijak, terutama menjelang Lebaran.

Dalam rilis kepada Harian Jogja, Selasa (9/5/2023), Head of Wealth Management Bank Danamon, Yulius Ardi, menuturkan dengan membuat perencanaan keuangan, masyarakat dapat dengan jelas mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki saat ini, termasuk alur pendapatan dan pengeluaran.

Berikut lima tips mengelola keuangan dari Danamon melalui gerakan #LawanCemasFinansial agar masyarakat tetap tenang dan dapat memiliki keuangan yang stabil setelah melewati momen Lebaran.

Perencanaan keuangan

Publik kini bisa merencanakan keuangan dengan baik lewat aplikasi keuangan D-Bank Pro yang menawarkan kemudahan transaksi finansial di mana saja dan kapan saja. “Harapannya, perencanaan yang matang dapat membantu meraih kondisi keuangan yang stabil,” ungkap Yulius Ardi.

Hindari belanja berlebihan

Untuk menghindari pembelian yang berlebihan selama momen Lebaran, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit dengan selalu mengecek kondisi keuangan dan mengecek saldo serta transaksi pembelian secara langsung.

Hindari pengeluaran tak terduga dari kendaraan

Jangan mudah kemakan gengsi agar punya dengan mobil dengan menghabiskan seluruh tabungan. Gunakan produk pembiayaan KPM Prima Danamon karena memiliki proses cepat dan jangka waktu cicilan hingga 60 bulan. Tabungan tetap aman dan Anda tetap bisa memiliki mobil impian.

Terbuka soal finansial

Seringkali momen berkumpul bersama keluarga menimbulkan rasa cemas, apalagi ketika ditanya soal finansial. Mulai dari pertanyaan personal, seperti kapan menikah sampai tempat tinggal. Kini Bank Danamon hadir dengan solusi produk KPR Danamon yang sudah bekerja sama dengan pengembang terpercaya dan menawarkan bunga bersaing serta jangka waktu fleksibel.

Cari lembaga keuangan terpercaya

“Cari bantuan dari lembaga keuangan yang terpercaya yang dapat memberikan informasi dan layanan mengenai produk-produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Selain itu, persiapkan keuangan Anda di masa depan dengan menggunakan produk keuangan yang tepat seperti tabungan, asuransi hingga investasi,” ungkap Ayank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement