Advertisement

Industri Tekstil dan Alas Kaki Rontok, Ini Deretan Pabrik yang PHK Ribuan Karyawannya

Widya Islamiati
Minggu, 21 Mei 2023 - 14:37 WIB
Arief Junianto
Industri Tekstil dan Alas Kaki Rontok, Ini Deretan Pabrik yang PHK Ribuan Karyawannya Suasana gerbang pabrik PT Dean Shoes di Karawang, Jawa Barat - Bisnis/Widya Islamiati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Industri alas kaki dan tekstil dan produk tekstil (TPT) menjadi bagian dari industri manufaktur yang terdampak kelesuan permintaan akibat pandemi ataupun akibat melemahnya perekonomian global. 

Sejak pandemi hingga kini, dari kedua subsektor industri manufaktur ini, pabrik-pabrik mulai gulung tikar, satu demi satu karyawan dirumahkan. 

Advertisement

Berikut ini beberapa pabrik alas kaki dan TPT yang tercatat merumahkan ribuan karyawannya:

PT Panarub Industry

Produsen sepatu Adidas, PT Panarub Industry yang berlokasi di Pasar Kemis Tangerang ini sempat menjadi perbincangan hangat dalam beberapa hari terakhir, lantaran dituding melakukan eksploitasi, diskriminasi hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI).

Saat dikonfirmasi oleh Bisnis.com (Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI), Direktur Utama Panarub Budiarto Tjandra menampik kabar tersebut. Namun, dalam catatan Bisnis Budiarto mengakui pihaknya telah melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK dengan 1.200 karyawannya sepanjang 2022. 

Budiarto menjelaskan jika perusahaan yang digawanginya itu memiliki 8.600 pekerja sebelum badai pemutusan hubungan kerja (PHK) mendera mulai November 2022 lalu. 

Sejak November 2022, jumlah pekerja Panarub terus berkurang hingga menyisakan 7.400 karyawan pada Januari 2023 lalu. Budiarto menuturkan, pihaknya berencana memangkas jumlah karyawan hingga menyisakan sebanyak 6.600 karyawan.

Namun, sejak tahun 1988 Panarub berfokus memproduksi alas kaki asal Jerman, Adidas untuk kemudian didistribusikan ke dalam dan luar negeri. Di luar negeri, Adidas buatan Panarub mendarat di hampir seluruh negara, dengan mayoritas dikirim ke Amerika Serikat dan Eropa.

BACA JUGA: Produsen Adidas Diduga Lakukan PHK Sepihak, Begini Reaksi Menaker

Tidak heran jika Panarub ikut terimbas penurunan permintaan ekspor dari Amerika Serikat dan Eropa ketika keduanya mengalami ketidakstabilan ekonomi. Akhirnya, Panarub memutuskan untuk memangkas jumlah karyawannya.

PT Victory Chingluh Indonesia

Tetangga Panarub, produsen sepatu yang juga berlokasi di Tangerang, Banten yaitu PT Victory Chingluh Indonesia  mengaku memangkas sebanyak 5.000 pekerjanya pada saat pandemi Covid-19 mendera.

Namun, Strategy & Communication Ching Luh Group Indonesia Dinar yang terjadi bukanlah PHK, melainkan memutus kontrak para pekerja yang masih dalam masa percobaan (probation). Terkait PHK yang dialami ribuan pekerjanya, Dinar mengungkapkan hal itu terjadi pada 2020 sebagai imbas pandemi. 

"Untuk tahun 2022, kami tidak ada PHK jumlah 5.000 karyawan tersebut. Adapun jumlah PHK untuk jumlah 5.000 karyawan itu, terjadi pada 2020," kata Dinar saat dihubungi Bisnis.com

Menurut Dinar, PHK yang dilakukan oleh produsen sepatu merek Nike dan Reebok pada 2020 adalah upaya untuk mempertahankan perusahaan yang terguncang akibat pandemi Covid-19. 

"Kan semua perusahaan kan juga terdampak ya, karena terdampak, nah karena terdampak pandemi di tahun 2020 itu memang ada PHK untuk karyawan kita, yang jumlahnya hampir 5.000, tapi untuk 2022 tidak ada [PHK karyawan]," tambah Dinar.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement