Advertisement

Surya Airways Berbasis di DIY, Berencana Melayani Penerbangan Langsung Jemaah Umrah

Rio Sandy Pradana
Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:57 WIB
Maya Herawati
Surya Airways Berbasis di DIY, Berencana Melayani Penerbangan Langsung Jemaah Umrah Surya Airways, maskapai penerbangan baru yang berbasis di DIY - ist/Surya Airways - Bisnis.com

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA—Maskapai baru Surya Airways, yang bakal berbasis di DIY telah merancang banyak penerbangan dalam negeri dan internasional. Untuk penerbangan langsung, Surya Airways percaya diri melayani penerbangan langsung ke Tanah Suci, untuk jemaah umrah.

Kabar tersebut diketahui usai maskapai yang bernaung di bawah nama PT Surya Mataram Indonesia itu memperoleh Sertifikat Standar Angkutan Niaga Berjadwal pada 9 Oktober 2023.

Advertisement

Perusahaan ini telah mendapatkan Kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha untuk penerbangan rute domestik dan internasional, termasuk kargo udara. Adapun, status penanaman modal berasal dari dalam negeri.

Komisaris Utama Surya Airways Benny Rustanto mengatakan maskapai tersebut bakal melayani rute penerbangan domestik khususnya kota tier kedua. Alasannya, agar bisa meningkatkan konektivitas udara di Indonesia yang merupakan negara kepulauan usai pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Kereta Anjlok di Kulonprogo, Korban Luka Ringan dan Berat Mencapai Puluhan Orang

"Kami sudah masuk tahap pra-aplikasi AOC [Air Operator Certificate], sehingga mulai beroperasi target pada kuartal II/2024," katanya kepada Bisnis.com jaringan Harianjogja.com, Senin (16/10/2023).

Pengoperasian Tahap Awal

Dia menambahkan pada tahap awal Surya Airways akan mengoperasikan 3 unit pesawat yang diproduksi pada 2014. Kemudian secara bertahap akan mengoperasikan 10 unit ATR 72-600S tipe terbaru karena menyesuaikan lini produksi dari produsen pesawat.

Benny menuturkan rute domestik awal yang akan dibuka seperti Jakarta via Bandara Halim-Jogja, Gunung Sitoli-Medan, Surabaya-Nusa Tenggara Timur, hingga Tana Toraja.

Selain itu, lanjutnya, Surya Airways juga memiliki target ekspansi ke rute internasional seperti Medan-Penang, Malaysia. Target pasar yang dibidik selain wisata adalah kepentingan kesehatan. "Rencana ke depan kami akan operasikan 4 unit pesawat wide body seperti Boeing 777-300ER untuk melayani jemaah umrah secara direct flight ke Tanah Suci," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Capaian Vaksin Difteri Tahap 2 di Tamanmartani Belum Optimal, Dinkes Sleman Lakukan Sweping ke Sekolah

Sleman
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement