Advertisement

Dukung Pariwisata Bandung, Bandara Husein Sastranegara Siap Layani 2 Rute Baru Susi Air

Lorenzo Anugrah Mahardhika
Kamis, 28 Desember 2023 - 22:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dukung Pariwisata Bandung, Bandara Husein Sastranegara Siap Layani 2 Rute Baru Susi Air Pesawat N219 mendarat, seusai melakukan uji terbang untuk ke-15 kalinya di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/2 - 2023).JIBI/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, BOGOR—Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat akan mulai melayani penerbangan komersial bagi masyarakat luas dengan pesawat baling-baling (propeller). Upaya ini sebagai wujud Angkasa Pura II mendukung pariwisata di Bandung.

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II Cin Asmoro menjelaskan bandara berkode BDO itu akan membuka konektivitas penerbangan Bandung - Pangandaran mulai 29 Desember 2023. Penerbangan ini dioperasikan oleh maskapai Susi Air dengan pesawat propeller yakni Caravan berkapasitas 12 orang penumpang. Susi Air juga membuka penerbangan Bandung - Jakarta di Bandara Halim Perdanakusuma mulai 29 Desember 2023. Rute Bandung-Jakarta akan memiliki jadwal setiap Senin dan Jumat dengan jadwal penerbangan pukul 11.45 - 12.20 WIB.

Advertisement

Baca Juga

Bandara Husein Pindah ke Kertajati, Bus & Travel Disiapkan

Sudah Beroperasi Penuh, Lima Bandara Layani Penerbangan dari Bandara Kertajati

Daftar 6 Bandara yang Beroperasi 24 Jam Selama Mudik Lebaran 2023

Sementara itu, rute sebaliknya juga dilayani setiap Senin dan Jumat dengan jadwal penerbangan pukul 08.10 - 08.45 WIB.  Rute penerbangan ini dijadwalkan setiap Senin dan Jumat, dengan penerbangan Bandung - Pangandaran setiap pukul 09.15 - 10.00 WIB dan Pangandaran - Bandung setiap pukul 10.30 - 11.15 WIB. Dia mengatakan pembukaan rute Bandung - Pangandaran ini merupakan upaya Bandara Husein Sastranegara untuk terus mendukung pariwisata di Jawa Barat.

Lebih jauh, penerbangan komersial dengan pesawat propeller di Bandara Husein Sastranegara ini juga merupakan upaya AP II untuk terus memperkuat konektivitas penerbangan di Indonesia. Cin berharap, rute ini dapat turut memperkuat sektor pariwisata di Jawa Barat. 

“AP II sebagai pengelola dua bandara di Jawa Barat yakni Bandara Kertajati dan Bandara Husein Sastranegara terus berupaya memperkuat konektivitas penerbangan di Indonesia. Kedua bandara tersebut akan saling melengkapi untuk memberikan kemudahan akses transportasi udara bagi masyarakat,” ujar Cin Asmoro dalam keterangan resminya, Kamis (28/12/2023).

Seperti diketahui, penerbangan komersial dengan pesawat jet di Jawa Barat kini dilayani di Bandara Kertajati. Sementara itu, untuk penerbangan komersial dengan pesawat propeller dilayani melalui Bandara Husein Sastranegara.  Sementara itu, Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Indra Crisna mengatakan seluruh fasilitas dan personel telah dipersiapkan dengan baik. Indra mengatakan pembahasan dengan Susi Air dan Pemerintah Daerah berjalan dengan baik sehingga dua rute penerbangan tersebut dapat dilaksanakan bagi masyarakat.  "Seluruh fasilitas operasional dan pelayanan, baik di sisi udara maupun sisi darat dipastikan siap dalam mendukung penerbangan ini,” ujar Indra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement