Advertisement

BRI DIY Sebut Jelang Lebaran Kredit di Sektor Tertentu Meningkat

Anisatul Umah
Senin, 01 April 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
BRI DIY Sebut Jelang Lebaran Kredit di Sektor Tertentu Meningkat Ilustrasi BRI. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—BRI Regional Yogyakarta mencatat terjadi peningkatan penyaluran kredit jelang Lebaran 2024.

Regional CEO BRI Yogyakarta, John Sarjono mengatakan peningkatan kredit ada di sektor tertentu, khususnya yang berhubungan dengan perdagangan.

Advertisement

Banyak pengusaha di bidang makanan dan pakaian yang membutuhkan tambahan modal kerja. Pasalnya, permintaan dari konsumen juga meningkat.

Selain dari sektor perdagangan menurutnya peningkatan kredit juga terjadi di pada sektor transportasi. "Kalau di bulan ini kami bisa meningkat sekitar 10 persen dari periode bulan sebelumnya, jadi 110 persen kalau rata-rata," ucapnya, Senin (1/4/2024).

Selain pada momen lebaran biasanya terjadi peningkatan di 5%-6%, dan dalam setahun rata-ratanya 7%-12%. Saat ini sampai Lebaran mendatang, dia optimistis bisa mencapai 11%-12%.

Dia menjelaskan ini merupakan siklus tahunan di mana peningkatan kredit akan terjadi di sektor tertentu pada momen lebaran. "Ya siklus berulang, tetapi sektor tertentu saja," jelasnya.

Sementara itu di sektor pertanian saat ini justru berbalik, karena sudah tidak musim tanam. Musim tanam biasanya meningkat pada Januari dan Juli.

BACA JUGA: Dorong Pengguna BRI Mobile, BRI DIY Gelar BRImo FSTVL

Lebih lanjut dia mengatakan, terkait dengan rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) BRI saat ini di batas yang bisa dikendalikan. Hal ini lantaran proses penyaluran kredit dilakukan secara berhati-hati.

Apabila kredit macet muncul, akan segera dilakukan upaya penyelesaian secepatnya. Melakukan upaya pertama restrukturisasi bagi nasabah dengan penjadwalan ulang, dengan memberikan keringanan dan lainnya. "Berikan keringanan dan lainnya, sehingga NPL bisa tetap terjaga."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BEDAH BUKU: DPAD DIY Dorong Tingginya Minat Baca Merata ke Semua Wilayah

Sleman
| Jum'at, 03 Mei 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement