Advertisement

Pasca-Lebaran, Bisnis Properti di DIY Reborn

Anisatul Umah
Rabu, 24 April 2024 - 22:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pasca-Lebaran, Bisnis Properti di DIY Reborn Ilustrasi perumahan subdisi di kawasan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPD Real Estate Indonesia (REI) DIY menyebut bisnis properti reborn setelah Ramadan dan Lebaran 2024. Ketua DPD REI DIY, Ilham Muhammad Nur mengatakan saat ini bisnis properti di DIY tumbuh sekitar 20%-30%.

Dia menjelaskan saat Lebaran banyak masyarakat yang mudik ke DIY. Kemudian mereka dan keluarga bisa mengecek langsung lokasi properti yang ingin dibeli. Setelah melihat langsung banyak calon pembeli yang deal. "Mereka datang langsung, lihat lokasi, dan memutuskan," ucapnya, Rabu (24/4/2024).

Advertisement

Menurutnya pembeli properti dari DIY dan luar DIY saat ini sudah tidak bisa dikotomikan. Sebab banyak juga orang DIY yang bekerja di luar DIY, tetapi membeli rumah di DIY. Atau orang yang ber KTP luar DIY namun keluarganya di DIY sehingga mereka memutuskan untuk membeli properti di DIY. Ilham menyebut orang bisa tinggal dan bekerja dimanapun di Indonesia.

"Dalam dan luar Jogja sudah tidak bisa dikotomikan," jelasnya.

Baca Juga

Industri Properti DIY pada 2024 Diyakini Masih Terus Tumbuh dan Berkembang

Pasar Properti DIY Lesu Saat Ramadan hingga Lebaran

Terima Laporan Dugaan Penggelapan Bisnis Properti di Jogja, Polda DIY Turun Tangan

Sebelumnya dia menyebut saat Ramadan dan Lebaran pasar properti cenderung lesu. Ini menjadi tren tahunan, sebab masyarakat lebih mengutamakan memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran terlebih dahulu.

Selain itu ada juga kebutuhan untuk sedekah, dan bagi pengusaha ada bujet untuk membayar tunjangan hari raya (THR) yang anggarannya cukup besar. "Ada penurunan di sisi permintaan. Biasanya begitu," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pemda Ajak Kadin DIY Menekan Kemiskinan Ekstrem

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement