Advertisement

Pasar Properti DIY Lesu Saat Ramadan hingga Lebaran

Anisatul Umah
Selasa, 19 Maret 2024 - 17:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pasar Properti DIY Lesu Saat Ramadan hingga Lebaran Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPD Real Estate Indonesia (REI) DIY menyebut pasar properti DIY lesu selama Ramadan hingga Lebaran. Ini sudah menjadi tren tahunan sebab masyarakat lebih mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran terlebih dahulu.

Ketua DPD REI DIY, Ilham Muhammad Nur mengatakan kebutuhan masyarakat semakin bervariasi saat Ramadan sehingga bujet bertambah. Selain itu ada juga kebutuhan untuk sedekah, dan bagi pengusaha ada bujet untuk membayar tunjangan hari raya (THR) yang anggarannya cukup besar. "Kalau pegawai biasa kebutuhan lebaran biasanya ada baju baru, harus mudik, harus menyiapkan uang yang besar akhirnya berimbas ke kami ya, ke semuanya. Ada penurunan di sisi permintaan. Biasanya begitu [penurunan sejak awal Ramadan]," ucapnya, Selasa (19/3/2024).

Advertisement

Dia menjelaskan peningkatan biasanya terjadi selepas lebaran. Setelah orang yang luar DIY pulang, sebab keputusan membeli rumah juga melibatkan pihak lain yakni keluarga. "Kemungkinan akan ada reborn setelah libur lebaran terlepas baru engagement belum deal 100 persen, baru ada semacam tanda jadi atau minat serius gitu," jelasnya.

Baca Juga

Aksebilitas Masih Rendah, REI DIY Belum Lihat Pasar Properti di Pansela

Industri Properti DIY pada 2024 Diyakini Masih Terus Tumbuh dan Berkembang

Pilpres Satu Putaran Untungkan Pasar Properti, Berikut Penjelasan Logis REI DIY

Dia menyebut tidak ada data pasti terkait persentase penurunannya. Sebab biasanya dilihat berdasarkan siklus semesteran. Tapi kalau 20%-30% penurunan bisa dikatakan ada di bulan ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, anggota REI DIY selalu berupaya untuk tetap bisa menarik pembeli meski pasar sedang lesu. Seperti memberikan berbagai diskon menarik. "Istilahnya mencari momen supaya ya siapa tahu ada yang meleset karena masyarakat kelebihan lukuiditasnya, kebutuhan lebaran sudah terpenuhi semuanya, masih sisa ada kemungkinan juga masyarakat membeli," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal Karena Sakit Paru Kronis

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement