Advertisement

Peduli Lingkungan, AHM Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Media Digital
Kamis, 04 Juli 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Peduli Lingkungan, AHM Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Kegiatan pelatihan pengelolaan sampah di Astra Motor Center Yogyakarta, Kamis (4/7/2024). - Istimewa/Astra.

Advertisement

JOGJA—PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan main dealer Honda se-Indonesia termasuk Astra Motor Yogyakarta menggelar pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga bersama media secara hybrid di Astra Motor Center Yogyakarta, Kamis (4/7/2024).

Acara bertajuk ESG Mission, Engaging for the Future tersebut merupakan salah satu kampanye AHM Sinergi Bagi Negeri.

Advertisement

Manager Public Relation AHM, Rina Listiani mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian AHM pada lingkungan. Upaya pengurangan sampah rumah tangga bisa dipelajari dan dipraktekkan langsung. "Insight-insight bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Penerima Kalpataru Nasional 2020, Rob Belarminus Sutarno yang hadir sebagai pembicara menyampaikan sampah bisa disulap menjadi berkah bagi masyarakat.

Pembinaan yang dia peroleh dari AHM menurutnya luar biasa, membuka wawasan tentang ketuntasan dalam mengelola sampah.
Dia menjelaskan kebiasaan mudah membuang sampah harus dirubah menjadi sikap peduli. Pertama-tama bisa diaplikasikan dengan mengurangi sampah. “Ini terkait dengan pola hidup, misalnya saat ke pasar biasakan membawa tas dari rumah, kemudian biasakan juga membawa tempat makan dan tumbler sendiri,” ucap dia, Kamis.

Menurutnya, pengurangan sampah juga bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan. Mulai dari arisan hingga rapat RT, RW. Kebiasaan konsumsi air dengan botol plastik bisa dirumah dengan gelas. "Jika sudah dikurangi bisa dilakukan pemilahan," jelasnya.

BACA JUGA: AHM Best Student 2024 Incar Inovasi Kreatif Anak Muda

Lebih lanjut dia menjelaskan, produksi sampah dikelompokkan menjadi sampah organik, sampah yang bisa dikelola dan memiliki nilai keekonomian, sampah residu, dan sampah limbah B3. "Organik harus dikelola, ada produk turunan. Nilainya bukan hanya tambah, tapi berlipat ganda," ucap dia.

Program Berkelanjutan

Sementara itu, Corporate Communication Analyst Astra Motor Yogyakarta, Fransisca Bianca Tesalonica menyampaikan ESG Mission, Engaging for the Future merupakan salah satu kampanye besar dari AHM Sinergi Bagi Negeri.

Melalui kegiatan ini diharapkan teman-teman media bisa memahami cara mengolah sampah organik menjadi pupuk.
Media massa, kata dia, diajak untuk terlibat langsung sehingga punya pengalaman dalam mengelola sampah. "Harapannya akan jadi program yang sustainable," kata Bianca. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puncak Libur Sekolah, Penumpang di Terminal Giwangan Naik Dua Kali Lipat

Jogja
| Minggu, 07 Juli 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement