Advertisement

5 Alasan Kenapa Bisnis Harus Melakukan Marketing Organik

Media Digital
Kamis, 25 Juli 2024 - 16:27 WIB
Ujang Hasanudin
5 Alasan Kenapa Bisnis Harus Melakukan Marketing Organik 5 Alasan Kenapa Bisnis Harus Melakukan Marketing Organik. - Ist

Advertisement

JOGJA-Marketing organik adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan konten menarik dan bernilai tanpa harus membayar iklan. Inti dari strategi ini adalah membuat dan membagikan konten yang relevan, informatif, dan menarik, yang secara alami menarik perhatian target audiens.

Lantas, apa lagi yang menjadi manfaat marketing organik? Artikel ini akan membahas lima alasan kenapa bisnis harus melakukan marketing organik dan bagaimana strategi ini bisa menguntungkan pengembangan bisnis .

Advertisement

1. Mengurangi Biaya Marketing

Salah satu keuntungan terbesar dari marketing organik adalah biaya yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya. Meski membutuhkan investasi waktu dan sumber daya untuk pembuatan dan optimalisasi konten, tidak ada biaya langsung untuk penempatan iklan atau pembelian ad space.

Marketing organik bisa mengurangi biaya marketing dengan berbagai cara. Pertama adalah konten berkelanjutan. Yaitu, konten yang dibuat dapat terus menarik pengunjung selama bertahun-tahun tanpa biaya tambahan.

Kedua, dengan tidak mengandalkan iklan berbayar, bisnis dapat mengalokasikan anggaran mereka ke area lain yang mungkin membutuhkan perhatian lebih. Terakhir adalah investasi awal yang terjangkau. Meskipun memerlukan investasi awal dalam hal waktu dan tenaga kerja, marketing organik tidak memerlukan pengeluaran besar untuk maintenance kampanye iklan.

Dengan marketing organik, bisnis dapat menghemat anggaran pemasaran. Sehingga dana yang tersedia dapat digunakan langsung untuk pengembangan produk atau layanan, pelatihan karyawan, atau kegiatan lain yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis.

2. Memberikan Landasan Marketing yang Kuat

Strategi marketing organik berfokus pada konten berkualitas yang relevan dengan target audiens. Strategi ini menciptakan landasan yang kuat untuk semua inisiatif pemasaran. Konten yang bermanfaat akan terus menarik pengunjung baru yang mencari informasi terkait.

Selain itu, marketing organik akan dengan mudah mempertahankan pelanggan. Sebab, pengunjung yang sudah ada akan kembali untuk konten baru yang relevan dan menarik. Dan, konten organik yang berkualitas tinggi cenderung mendapatkan peringkat lebih baik di mesin pencari yang tentunya meningkatkan visibilitas dan daya tarik situs web.

3. Membantu Membangun Hubungan dengan Audiens

Dengan membangun hubungan yang kuat dengan audiens melalui marketing organik, bisnis dapat meningkatkan tingkat retensi pelanggan dan mengembangkan basis pelanggan yang lebih loyal. Konten organik yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan minat audiens bisa membantu membangun hubungan yang lebih dalam dengan mereka. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman dan empati terhadap audiens.

Marketing organik membantu membangun hubungan dengan audiens dengan berbagai cara. Konten yang relevan dan menarik mendorong audiens untuk berinteraksi lebih banyak dengan brand. Audiens juga akan merasa bahwa brand benar-benar memahami kebutuhan mereka sehingga akan cenderung mempercayai dan mendukung brand tersebut. Selain itu, pelanggan yang merasa terhubung dengan brand lebih mungkin menjadi pelanggan setia yang terus kembali untuk produk atau layanan.

4. Meningkatkan ROI

Marketing organik dapat memberikan pengembalian investasi atau return of invesment yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemasaran berbayar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti biaya yang lebih rendah, hasil yang jangka panjang, serta efektivitas yang terukur.

5. Meningkatkan Kredibilitas dan Otoritas Brand

Konten organik yang berkualitas tinggi membantu membangun kredibilitas dan otoritas brand di industri atau niche tertentu. Dengan meningkatkan kredibilitas dan otoritas, brand dapat lebih mudah menarik perhatian media, mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial, dan membangun reputasi yang solid di pasar.

Solusi Customer Engagement Platform (CEP) untuk Meningkatkan Inbound Marketing

Telkomsel Enterprise memiliki solusi Customer Engagement Platform (CEP) yang mendukung untuk beragam strategi marketing. Solusi ini memungkinkan bisnis untuk berinteraksi secara langsung dan personal dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti email, media sosial, dan aplikasi pesan. Dengan CEP, perusahaan dapat mengumpulkan data pelanggan, menganalisis perilaku mereka, dan memberikan konten yang relevan dan tepat sasaran.

Pendekatan ini tidak hanya memperkuat hubungan dengan pelanggan tetapi juga menciptakan kampanye yang lebih efektif dan terukur, hingga akhirnya meningkatkan visibilitas merek secara alami tanpa perlu bergantung pada iklan berbayar.

CEP bantu promosikan kampanye melalui berbagai media seperti email, WhatsApp, SMS, dan menawarkan database berbasis cloud sebagai SaaS yang fleksibel untuk mengamankan serta mengatur data internal. Terhubung dengan API Telco Insight dari Telkomsel Insight, CEP memberikan customer profiling untuk pemasaran yang tertarget.

Menggunakan CEP, bisnis dapat meningkatkan penjualan secara cross-sell atau up-sell dengan memberikan penawaran yang sesuai target pasar. Selain itu, menjaga hubungan dengan pelanggan melalui program loyalitas serta mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan untuk mendapatkan insight tentang preferensi, perilaku, dan kebutuhan pelanggan. Dengan solusi CEP dari Telkomsel Enterprise, #PastiAdaSolusi untuk meningkatkan inbound marketing. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement