Advertisement

Gara-gara SLIK Bermasalah Penjualan Mobil Turun

Anisatul Umah
Kamis, 12 September 2024 - 15:37 WIB
Sunartono
Gara-gara SLIK Bermasalah Penjualan Mobil Turun Ilustrasi mobil sedan - Bisnis Indonesia/Alby Albahi

Advertisement

Harianjogja, JOGJA— Sales & Aftersales Director Honda Semarang Center, Sumantri menyebut maraknya pinjaman online yang berdampak pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) berdampak pada penjualan mobil. Selama Januari-Agustus 2024 terjadi penurunan sekitar 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Pihak leasing akan mengecek setiap aplikasi untuk memastikan kondisi keuangan dari customer yang akan membeli unit. Jika ada pinjaman online yang bermasalah maka otomatis aplikasi akan mereject. Saat ini rejection dari leasing terhadap permohonan pinjaman kendaraan cukup meningkat signifikan makanya penjualan mobil juga berdampak. "11 persen [penurunannya]," ucapnya dihubungi, Kamis (12/9/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Penjualan Mobil Lesu, Angka Pembiayaan Kredit Pembelian Justru Meningkat

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Eko Yunianto mengatakan SLIK akan menjadi kendala bagi masyarakat yang berhutang ke lembaga jasa keuangan dan tidak membayar. Sehingga kualitas kreditnya menjadi non lancar.

Ia mengatakan sepanjang kualitas kreditnya lancar tentunya tidak akan menjadi hambatan bagi yang bersangkutan untuk mengajukan kredit lagi ke lambaga keuangan lainnya. Sebab lembaga keuangan saat akan memproses pengajuan kredit dari calon debitur, salah satu pertimbangannya dengan data SLIK tersebut.

"Apabila debitur sudah melunasi kreditnya, mestinya data yang bersangkutan di SLIK adalah pernah memiliki pinjaman dengan status lunas/tidak ada tunggakan," katanya.

BACA JUGA : Penjualan Mobil Juni Anjlok 12,3 Persen, Target 1 Juta Unit Terancam

Eko mengatakan yang perlu dilakukan masyarakat agar SLIK bersih adalah dengan melunasi hutang-hutangnya. Sehingga di data SLIK tidak muncul kredit dengan kualitas non lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top Ten News Harianjogja.com Rabu 18 September 2024: Penyerahan Sertifikat SG PAG hingga Logistik Pemilu

Jogja
| Rabu, 18 September 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kampung Belgia di Jember Tawarkan Agrowisata Heritage

Wisata
| Minggu, 15 September 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement