Advertisement

BI Rate Anjlok Jadi 6 Persen, Bunga Bank Ikut Turun? Ini Kata OJK DIY

Anisatul Umah
Kamis, 26 September 2024 - 13:07 WIB
Sunartono
BI Rate Anjlok Jadi 6 Persen, Bunga Bank Ikut Turun? Ini Kata OJK DIY Ilustrasi uang / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Bank Indonesia (BI) memutuskan menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 6% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI. Penurunan suku bunga BI apakah akan diikuti penurunan bunga bank?

Menjawab hal ini, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Eko Yunianto mengatakan penurunan BI Rate tidak serta merta diikuti penurunan suku bunga perbankan. Sebab masing-masing perbankan akan melakukan kajian dan waktunya berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing bank.

"Tentunya tidak serta diikuti penurunan suku bunga perbankan," kata Eko, Kamis (26/9/2024).

Kemudian terkait dengan penyaluran kredit, Eko menyebut bank akan melakukan evaluasi dan disesuaikan dengan rencana bisnis bank (RBB) yang sudah disusun. Jika ternyata pada triwulan III masih kurang dari target RBB makan akan coba direalisasikan di triwulan IV.

Menurutnya besaran akan tergantung dari RBB yang telah disusun. Apabila pencapaian triwulan III masih relatif kecil, bisa jadi akan ekspansi kredit di triwulan IV.

"Sebaliknya apabila pencapaian triwulan III sudah melampaui, maka akan sedikit mengerem ekspansinya," jelasnya.

Ekonom Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Y. Sri Susilo berharap penurunan BI Rate ini akan diikuti penurunan suku bunga perbankan, sehingga kredit semakin diminati. "Artinya cost of fund yang untuk peminjaman dana atau kredit turun," jelasnya.

Sri mengatakan gairah investasi akan meningkat, sebab saat ini yang dibutuhkan untuk mendorong perekonomian adalah investasi dan ekspor. Terutama pada investasi sebab ekspor masih terkendala permintaan yang belum terlalu pulih. "Bagaimana mendorong investasi, salah satu instrumen adalah menurunkan suku bunga," katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Depok Kolaborasi Menjaga Kondusifitas Pelaksanaan Pilkada Sleman 2024

Sleman
| Jum'at, 27 September 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Solo Traveling sedang Tren, Ini 5 Negara Terbaik bagi Para Solo Traveler

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement