Advertisement

SRIKANDI MOVEMENT 2024, PLN Beri Program Tingkatkan Pemberdayaan Wanita

Media Digital
Rabu, 23 Oktober 2024 - 20:57 WIB
Maya Herawati
SRIKANDI MOVEMENT 2024, PLN Beri Program Tingkatkan Pemberdayaan Wanita Kolaborasi dan harmonisasi antara Srikandi PLN, pemangku kepentingan dan ibu/ibu warga Kalipuro, Banyuwangi dalam program Srikandi Movement 2024 dengan Tema Woman Support Woman (Pemberdayaan Perempuan Rentan Kalipuro). / ist

Advertisement

BANYUWANGI—Untuk mendukung peningkatan ekonomi dan pemberdayaan wanita, PT PLN (Persero) pada tahun 2024 ini menugaskan unit-unit PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia untuk melaksanakan program Srikandi Movement 2024.

PT PLN (Persero) UIP JBTB pada tahun ini melaksanakan Srikandi Movement 2024 di Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang merupakan wilayah Ring 1 Proyek Jawa Bali Connection (JBC) dan merupakan wilayah binaan Program TJSL PLN UIP JBTB dalam program regular.

Advertisement

Program yang diambil dalam Srikandi Movement 2024 yakni pemberdayaan kelompok rentan dengan judul program Srikandi Movement PT PLN (Persero) UIP JBTB Tahun 2024 Woman Support Woman (Pemberdayaan Perempuan Rentan Kalipuro).

Dalam kegiatan ini, PLN UIP JBTB juga berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Kelompok Masyarakat Sumber Mas Kalipuro, Kampoeng Batara Papring, Camat Kalipuro, Lurah Kalipuro, Danramil Kalipuro dan Kapolsek Kalipuro dengan sasaran program kepada 25 perempuan kelompok rentan Kalipuro.

Bentuk program Srikandi Movement PT PLN (Persero) UIP JBTB Tahun 2024 Woman Support Woman (Pemberdayaan Perempuan Rentan Kalipuro) adalah dengan diadakannya pelatihan pemberdayaan dan pemberian bantuan fasilitas berwirausaha untuk perempuan kelompok rentan yang ada di Kalipuro dengan tujuan terciptanya peningkatan ekonomi.

Pelatihan dilakukan dalam dua sesi, sesi pertama dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Kalipuro pada 19 September dengan mengambil topik Motivasi/Kiat/Semangat Berwirausaha dan Pelatihan Keuangan Perempuan Rentan Kalipuro, Banyuwangi.

BACA JUGA: Dugaan Politik Uang, Salah Satu Calon Wakil Bupati di Pilkada Sleman Dipanggil Bawaslu

Hadir dalam acara ini Gina Widiasari, Srikandi Champion PT PLN (Persero) UIP JBTB, sekaligus yang membuka dan meresmikan pelatihan. Sebagai narasumber dalam sesi pertama pelatihan ini adalah Enggar Puspita yang merupakan woman entrepreuner, pemilik Kemunir Café Banyuwangi.

“Dalam memulai wirausaha harus terencana, harus diawali dari hal-hal kecil dan memanfaatkan serta memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh ibu-ibu dan lingkungan sekitar,” papar Enggar dalam pelatihan.

Gina menilai para ibu harus sudah bisa mengelola keuangan untuk berwirausaha, mengatur pemasukan dan pengeluaran, memisahkan pengeluaran pribadi dengan wirausaha serta tertib pencatatan pada setiap transaksi dalam berwirausaha, sekecil apapun itu.

“Setelah diberikan ilmu, wawasan dan prasarana dari Program Srikandi Movement PLN ini, diharapkan menjadi modal yang berharga serta memiliki keterampilan baru dan pemacu semangat  bagi ibu-ibu Kalipuro untuk memulai berwirausaha demi peningkatan taraf hidup dan perekonomian keluarga,” paparnya. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perubahan Kementerian di Era Prabowo Berdampak ke Daerah, Begini Respons Pemkab Sleman

Sleman
| Rabu, 23 Oktober 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement