Advertisement

Bulog Distribusikan 25 Ton Beras lewat OP

Rheisnayu Cyntara
Kamis, 30 Agustus 2018 - 13:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bulog Distribusikan 25 Ton Beras lewat OP Ilustrasi beras Bulog. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pada Agustus ini, Bulog Divre DIY telah mendistribusikan 25 ton beras untuk operasi pasar (OP). Beras tersebut disalurkan melalui Satgas Operasi Pasar, Rumah Pangan Kita (RPK), toko, pasar, dan juga sinergi BUMN.

Kepala Bulog Divre DIY Ahmad Kholisun mengatakan sebelum adanya instruksi dari Kementerian Perdagangan untuk melakukan OP dengan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), OP sebenarnya sudah dilakukan secara berkala. Namun sejak minggu lalu, OP kembali dioptimalkan untuk menekan harga beras medium menjadi sesuai HET sebesar Rp8.950. Pasalnya hingga kini hampir di seluruh wilayah Indonesia, harga beras medium masih di atas HET. "Di Jogja masih di kisaran Rp9.400, masih di atas HET," katanya kepada Harian Jogja, Rabu (29/8).

Advertisement

Kholisun menyebut untuk keperluan OP, pada Agustus ini pihaknya sudah menyalurkan 25 ton beras ke pasaran. Meski belum tergolong besar, serapan beras OP tersebut mulai meningkat beberapa waktu terakhir. Sebab menurutnya makin banyak saluran yang dimanfaatkan untuk pendistribusian OP ini. Mulai dari distributor, mitra, toko, RPK, hingga Satgas OP yang langsung datang untuk menawarkan. "Biasanya hanya tiga sampai lima kuintal sehari. Kemarin [Selasa] mencapai 9,3 ton," imbuhnya.

Ia melanjutkan jumlah tersebut sebenarnya belum memenuhi target capaian OP harian. Yakni 15.000 ton untuk seluruh wilayah di Indonesia secara kumulatif. Apalagi kini Bulog tidak lagi punya pengeluaran beras rutin melalui program Rastra. Pasalnya program Rastra kini telah dihapuskan dan diganti dengan bantuan pangan nontunai (BPNT). Artinya serapan OP tergantung pada kebutuhan pasar yang terus berubah-ubah, tanpa ada patokan pasti seperti halnya saat penyaluran program Rasta.

Sementara itu, kendala puso yang dihadapi petani di Jawa Tengah menurut Kholisun tak akan berpengaruh pada cadangan beras di wilayahnya. Sebab hingga kini, cadangan beras untuk wilayah DIY-Kedu-Banyumas masih sekitar 34.000 ton. Sedangkan khusus untuk wilayah DIY masih ada 10.324 ton. "Berpengaruh pada serapan pasti. Misalnya sehari biasanya di atas 500 kilogram, sekarang akan turun karena puso ini. Namun stok kita masih aman," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement