Advertisement

Tertarik Jajal Investasi Ruko? Berikut Tip untuk Memulai

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 07 November 2018 - 15:32 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tertarik Jajal Investasi Ruko? Berikut Tip untuk Memulai Ilustrasi rumah toko atau ruko - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Lesunya pasar properti terbukti tidak banyak berdampak pada tingginya minat orang berinvestasi umah toko alias ruko. Selain fungsi yang banyak, ruko juga semakin dibutuhkan dalam pembukaan kawasan-kawasan baru.

Berikut sejumlah tips strategi memilih ruko untuk Anda yang sedang mencari peluang investasi properti.

Advertisement

1. Pastikan Tujuan Membeli Ruko

Sebelum membeli ruko Anda perlu memastikan dulu tujuan Anda melakukan pembelian, apakah pasti untuk investasi, ditempati, atau bahkan dikelola sendiri, bisa juga untuk memperoleh capital gain saja. Meskipun begitu setiap tujuan yang anda miliki tentu tidak mutlak sama satu dengan yang lain. Jika Anda masih bingung dan ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan atau agen properti agar pilihan sejalan dengan tujuan Anda.

2. Lokasi Strategis

Selanjutnya, Anda harus mencari lokasi strategis sesuai dengan tujuan. Alasannya, lokasi strategis pasti memegang peranan penting dalam keberlangsungan bisnis Anda nantinya. Misalnya saja, ruko yang berada dalam kompleks perumahan bisa menjadi pilihan. Hal ini sering dengan tren di kalangan pengembang yang banyak membangun ruko di kawasan perumahan atau apartemen. Oleh sebab itu, jika semakin banyak penghuni di kawasan itu, makan ramai juga peluang bisnis Anda terutama jika usaha Anda sangat berkaitan dengan kebutuhan penghuni.

3. Akses Mudah

Selain lokasi strategis di perumahan, tetapi tanpa akses yang memadai tidak menjamin akan memberi dampak terhadap keberhasilan bisnis Anda. Akses yang sulit dijangkau membuat calon konsumen enggan pergi ke lokasi ruko Anda. Maka, Anda perlu mempertimbangkan aksesibilitas caranya dengan memastikan semua kendaraan bisa menjangkau ruko Anda. Selain itu, kondisi infrastruktur seperti jalan yang rusak bisa membuat calon konsumen menghindari area ruko Anda. Sehingga Anda perlu melihat jalanan yang kondisinya baik.

4. Jaminan Keamanan

Selain akses mudah, lokasi strategis, dan tujuan, selanjutnya Anda perlu memastikan keamanan terjamin di lokasi tempat ruko Anda. Keamanan sangat penting karena menyangkut kenyamanan dalam menjalankan bisnis nantinya. Selain itu, lokasi yang aman menjadi nilai tambah bagi ruko , sehingga calon konsumen pun lebih merasa nyaman. Untuk mengetahui informasi keamanan, Anda perlu bertanya kepada lingkungan sekitar dan juga kepada instansi keamanan setempat yang memiliki wewenang menjaga keamanan kawasan ruko.

5. Mempelajari Harga

Sebelum melakukan transaksi pembelian ruko, perlu meninjau harga ruko. Anda jangan mudah tergiur dengan harga ruko yang murah, namun tidak sesuai dengan empat kriteria sebelumnya. Anda harus mempertimbangkan apakah harga yang ditawarkan itu tergolong wajar atau tidak, dan apakah itu cocok dengan bujet Anda. Oleh sebab itu, perlu melakukan perbandingan dengan ruko sekelas yang berada di satu kawasan.

6. Legalitas Kawasan

Selanjutnya, Anda perlu mengecek legalitas kawasan tempat akan membeli ruko. Anda perlu memastikan apakah ruko dan area sekitarnya memiliki legalitas yang abash agar tidak menjadi beban masalah atau sengketa lahan di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement