Advertisement

MUBENG BRING HARJO : UPT Malioboro Upayakan Fasilitasi Pejalan Kaki

Mediani Dyah Natalia
Kamis, 27 Februari 2014 - 18:51 WIB
Maya Herawati
MUBENG BRING HARJO : UPT Malioboro Upayakan Fasilitasi Pejalan Kaki

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kendati masih terbatas, UPT Pengelolaan Kawasan Malioboro berupaya memfasilitasi pejalan kaki di sekitar kawasan tersebut. Termasuk bagi pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan.

Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Malioboro, Syarif Teguh menyampaikan komitmen mengutamakan pejalan kaki telah diwujudkan dengan berbagai hal seperti pembukaan divider, penambahan marka di sepanjang jalan Malioboro, memperbanyak zebra cross hingga lampu penyeberangan jalan.

Advertisement

“Lampu ini sudah kami tambah dari dua titik menjadi empat titik. Dengan lampu ini, penyeberang jalan cukup menekan tombol lalu lampu hati-hati menyala untuk memberitahukan kepada pengguna jalan lain memperlambat laju kendaraan,” jelasnya kepada Harianjogja.com, Kamis (27/2).

Selain itu, tersedia juga petugas di lapangan yang membantu pejalan kaki. Hanya petugas ini umumnya berada di titik strategis seperti di depan Malioboro Mall serta titik nol.

Syarif mengakui secara ideal petugas penyeberang jalan berada pada tiap 25 meter dan dijaga dua orang. Namun karena keterbatasan personil, harapan tersebut belum dapat terpenuhi seutuhnya.

Apalagi, imbuh dia, petugas yang bersiap tidak hanya berperan menyeberangkan jalan. Sebaliknya setiap personil yang ada juga diwajibkan menampung setiap permasalahan, termasuk pengaduan, menjaga keamanan maupun hal lain.

Tugas tersebut baru dapat dilakukan sepenuhnya saat musim liburan seperti Lebaran. Sebab Linmas Kecamatan maupun pihak lain ikut terjun ke jalanan dan membantu petugas.

Syarif menambahkan dari setiap kebijakan dan upaya yang dilakukan, setiap pengguna kendaraan diharapkan dapat memiliki kesadaran dalam berperilaku dan berlalu lintas. Menurut dia kesadaran ini memberikan efek yang lebih besar.

“Kami juga mengimbau pengguna kendaraan mengatur lajunya karena di sekitar Malioboro kecepatan yang disarankan 30 kilometer per jam. Kami berharap pengendara dapat memberikan perlakukan yang istimewa ini bagi pejalan kaki,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement