Advertisement

KURS RUPIAH : Masih Lemah, Perajin Gerabah Cuma Jadi Penonton

Jum'at, 27 Maret 2015 - 03:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
KURS RUPIAH : Masih Lemah, Perajin Gerabah Cuma Jadi Penonton

Advertisement

Kurs rupiah yang masih melemah sewajarnya memberikan keuntungan bagi perajin gerabah. Faktanya, perajin hanya menjadi penonton.

Harianjogja.com, BANTUL—Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat tidak dirasakan perajin gerabah di Kasongan, Kecamatan Kasihan. Mereka hanya jadi penonton pergerakan nilai dolar yang tinggi tanpa menghasilan keuntungan dari hasil jerih payah. Keuntungan justru dirasakan para eksportir yang menampung karya gerabah.

Advertisement

Ketua Koperasi Kerajinan Gerabah Kasongan Setya Bawana, Timbul Raharja, mengungkapkan perajin gerabah tidak ikut merasakan keuntungan karena menjual hasil kerajinan dengan mata uang rupiah sementara eksportir menjual dalam bentuk dolar. Adapun di Kasongan, tercatat ada 10-15 perusahaan ekspor sedangkan jumlah perajin gerabah saat ini sebanyak 350 orang, jauh lebih banyak dibanding eksportir.

“Untuk perajin yang memberi harga dengan rupiah, biasanya tidak mengerti dengan perubahan nilai rupiah,” ujar Timbul seusai kunjungan istri Wakil Presiden, Mufida Jusuf Kalla, di Kasongan, Rabu (25/3/2015).

Menurut dia, kenaikan harga dolar memang mendongkrak nilai ekspor sebesar 20% dibanding sebelum kenaikan. Total ekspor gerabah ke luar negeri per bulan dari Kasongan rata-rata senilai Rp2 miliar sebelum kenaikan.

Kendati demikian, Timbul meyakinkan dalam jangka panjang kenaikan dolar itu bakal menguntungkan bagi perajin, bila ekspor ke luar negeri terus stabil dengan harga gerabah yang murah dari sisi dolar.

Timbul menambahkan produksi gerabah mayoritas menggunakan bahan dari lokal. Alhasil, biaya produksi murah sehingga harga jual juga murah. Setiap bulannya, desa wisata Kasongan memproduksi 8.000 item guci untuk diekspor ke luar negeri dengan 20 kontainer. Belum termasuk gerabah yang dijual untuk konsumen nasional atau lokal. Gerabah mayoritas diekspor ke pasar Eropa, Amerika, Australia dan kini merambah ke Korea Selatan.

Mufida Jusuf Kalla meminta pengelola koperasi menaikan harga jual gerabah yang diproduksi para perajin.

“Barangnya jangan terlalu murah, supaya mereka [perajin] tambah semangat kerja. Kalau enggak, perajin enggak bisa tambah yang terbaik. Barangnya itu-itu saja. Naikanlah sedikit," kata Mufida dalam sambutannya di Kasongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement