TIP KEUANGAN : Begini Cara Kelola THR Agar Tak Defisit

TIP KEUANGAN : Begini Cara Kelola THR Agar Tak DefisitIlustrasi uang rupiah - Reuters
23 Mei 2018 15:30 WIB Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Meski ada pemasukan tambahan sebelum Lebaran, biasanya dana yang ada pun cepat habis karena besarnya kebutuhan. Berikut tip mengelola keuangan untuk kebutuhan Idulfitri. 

Kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Rabu (23/5/2018), President Director OneShildt Financial Planning M. Andoko memberikan beberapa tip untuk mengelola keuangan Anda agar tetap bisa merayakan Idulfitri dengan tenang tanpa harus mengalami defisit nantinya. 

Pertama, untuk urusan ongkos dan pembelian tiket mudik biasakan diamankan dua-tiga bulan sebelum Idulfitri. Alasannya, harga tiket biasanya jauh lebih murah jika dibeli jauh-jauh hari. 

Anda disarankan untuk memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh para penyedia layanan transportasi atau penyedia jasa penjualan tiket secara online karena biasanya mereka memberikan promo menarik untuk pembelian tiket pada Ramadan.

Kedua, tetapkan total bujet yang akan dikeluarkan untuk keperluan Idulfitri. Menurut Andoko, hal ini sangat penting karena menyangkut pola keuangan usai merayakan Lebaran. 

Pastikan bujet Anda pas dan tidak sampai mengeluarkan dana cadangan untuk keperluan-keperluan yang bersifat tidak penting. Usahakan manfaatkan promo yang ditawarkan dari bank, baik melalui kartu kredit maupun kartu debit, atau toko-toko yang memberikan penawaran yang sekiranya bisa dimanfaatkan guna menghemat pengeluaran Anda. 

Terakhir, usahakan dan biasakan untuk membuat pembukuan keuangan. Mulailah untuk mengumpulkan struk, nota, resi dan bon pembelanjaan Anda dan hitung berapa pengeluaran pada Lebaran tahun ini. 

Sehingga, saat Lebaran tahun depan Anda sudah punya patokan berapa anggaran yang harus disiapkan dan dikeluarkan saat Idulfitri.

 

Sumber : Bisnis Indonesia