Advertisement

Bisnis Harus Pertimbangkan Sisi Sosial

Rheisnayu Cyntara
Sabtu, 09 Februari 2019 - 11:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bisnis Harus Pertimbangkan Sisi Sosial Menteri Sekretaris Negara, Pratikno (tiga kanan) berdiskusi dan melihat produk pelaku UMKM dan bisnis kreatif binaan RKB BRI Yogyakarta, Rabu (6/2)./Ist. - RKB BRI Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tak hanya mempertimbangkan keuntungan ekonomi, sebuah bisnis juga harus memiliki misi sosial. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno saat mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI Yogyakarta.

Kunjungan yang dilakukan oleh Mensesneg pada Rabu (6/2) bertujuan melihat aktivitas pelaku UMKM dan industri kreatif yang berada di Jogja. Sekaligus melihat beberapa hasil karya UMKM binaan RKB BRI Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Pratikno sempat bertemu dengan 30 orang pelaku usaha yang sedang mengikuti pelatihan reguler terkait market place serta mereka yang sedang bekerja di RKB BRI Yogyakarta.

Advertisement

Dalam pertemuannya dengan puluhan pelaku UMKM dan bisnis kreatif tersebut, Pratikno berpesan agar mereka mengembangkan bisnisnya bukan hanya untuk keuntungan pribadi tetapi juga kepentingan sosial. Dengan harapan keuntungan yang didapatkan dari usaha tersebut tak hanya berupa materiil tetapi juga pengembangan kapasitas masyarakat secara menyeluruh. Tujuan ini, menurutnya mendorong pelaku UMKM maupun bisnis kreatif untuk melompat dan berkompetisi di tingkat internasional. Karena kontribusi pada kepentingan sosial sangat diapresiasi oleh dunia internasional.

"Teman-teman semua adalah generasi muda yang diharapkan dapat membantu ekonomi Indonesia ke depan. Dengan adanya RKB ini, kami dari pemerintah berharap bukan hanya kemajuan selangkah demi selangkah yang bisa anda lakukan, namun juga bisa menciptakan loncatan besar [leap froging] dalam usahanya bersama RKB” ujarnya dalam rilis, Jumat (8/2).

Pratikno juga berharap para pebisnis ini dapat memasukkan unsur lokal Indonesia dalam produknya. Potensi negara ini dapat makin dikenal di kancah global. Kehadiran Mensesneg ke RKB BRI Yogyakarta juga merupakan bentuk dukungan agar RKB BRI Yogyakarta terus menjalankan tujuan utama didirikannya RKB oleh Kementrian BUMN. Yakni untuk mendukung bertumbuhnya UMKM dan bersinergi antar BUMN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pegagan Berpotensi Memperbaiki Daya Ingat, Guru Besar UGM: Meningkatkan Dopamin

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement