Advertisement

Jadi Startup Tidak Hanya Urusan Online, Offline Juga

Syaiful Millah
Rabu, 27 Februari 2019 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
 Jadi Startup Tidak Hanya Urusan Online, Offline Juga Pasar idEA 2019 hadir sebagai pameran e-commerce dengan fokus utama memperkuat hubungan untuk membangun kepercayaan bagi pelaku industri dengan para pelanggan. - IDEA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Bagi pelaku usaha rintisan (startup) yang bergerak di sektor dagang-el atau e-commerce, strategi online-to-offline (O2O) diprediksi akan menjadi tren. 

Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung mengatakan bahwa tren ke depan bagi pelaku industri saat ini bukan lagi hanya mengandalkan saran luring atau daring saja tetapi mengintegrasikan berbagai sarana ke dalam satu sistem terpadu.

Advertisement

Hal tersebut, diyakini akan menggaet lebih banyak konsumen dengan menyediakan akses layanan yang lebih mudah dari hulu ke hilir. “Kalau saya melihatnya, ke depan bukan lagi sekadar online atau offline tapi ya itu tadi harus O2O atau omnichannel,” katanya di Jakarta, Selasa (26/2).

Menurutnya, agresifitas pelaku dagang-el dalam menggandeng dan berekspansi ke sektor luring merupakan hal yang seharusnya terjadi. Pasalnya, masyarakat Indonesia masih sangat mengandalkan transaksi secara luring dan tradisional.

Namun demikian, lanjut Untung, interaksi dan transaksi secara luring di Indonesia akan selalu lebih besar dari yang terjadi secara luring.

CEO & Founder Bhinneka Hendrik Tio mengungkapkan bahwa transaksi yang dilakukan masyarakat Indonesia secara daring masih sangat kecil, kurang dari 5%.

Oleh sebab itu, para pemain dari sektor dagang-el mulai beramai-ramai menggarap potensi pasar yang masih besar. Selain itu, lanjutnya, belum banyak pemain yang benar-benar bisa secara optimal memaksimalkan potensi pasar tersebut.

Market-nya sangat besar tapi tantangannya juga besar. Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan orang yang udah dari dulu transaksi secara offline,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement