Advertisement

Harga Anjlok, 3.000 Ekor Ayam Bakal Kembali Dibagikan Gratis

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 03 September 2019 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Harga Anjlok, 3.000 Ekor Ayam Bakal Kembali Dibagikan Gratis Ilustrasi. - Bisnis/Endang Muchtar

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Peternak ayam potong kembali merencanakan aksi demo, dengan membagikan ayam gratis, setelah harga ayam di tingkat peternak kembali anjlok.

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jateng-DIY, Parjuni mengatakan aksi yang akan dilakukan oleh para peternak merupakan wujud kekecewaan kepada pemerintah. Nantinya akan dibagikan sekitar 3.000 ayam di Kementerian Perekonomian dan DPR pada Kamis (5/9/2019).

Advertisement

Ia mengatakan oversupply kali ini pengaruh pada pertengahan Agustus yang lalu tidak ada pengurangan suplai. Akhirnya kembali membuat oversupply.

“Ini terjadi nasional oversupply. Harga saat ini dari peternak hanya Rp9.000-Rp9.500/kg,” kata Parjuni, Selasa (3/9/2019).

Ia merasa pemerintah tidak cakap menangani masalah ini, lantaran sudah berlangsung sejak awal tahun, namun tidak ada penyelesaian yang jelas. “Praktis selama delapan bulan terakhir hanya satu bulan bisa bernapas, itu aja pendek. Istilahnya perlu oksigen tambahan dengan hutang atau menjual aset,” ujarnya.

Jika ditaksir menurut Parjuni, kerugian peternak di DIY, Jawa Tengah sudah mencapai Rp1 Triliun. Menurutnya kebijakan yang diambil oleh pemerintah tidak berpihak pada rakyat, namun pada pengusaha besar.

“Mereka kan yang harusnya mengendalikan populasi yang ada. Tetapi justru mereka yang membuat harga terpuruk. Harapan saya pemerintah berani tegas, tanpa pandang bulu melindungi. Semisal ada perusahaan yang tidak patuh ya disanksi,” ucapnya.

Sementara harga ayam potong di pasaran sendiri menurut Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto masih fluktuatif di kisaran Rp30.000/kg-Rp31.000/kg.

“Kami belum menerima laporan untuk anjloknya harga ayam di peternak. Nanti kami koordinasikan lagi dengan peternak,” ujar Yanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement