Harga Anjlok, 3.000 Ekor Ayam Bakal Kembali Dibagikan Gratis

Harga Anjlok, 3.000 Ekor Ayam Bakal Kembali Dibagikan GratisIlustrasi. - Bisnis/Endang Muchtar
03 September 2019 18:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Peternak ayam potong kembali merencanakan aksi demo, dengan membagikan ayam gratis, setelah harga ayam di tingkat peternak kembali anjlok.

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jateng-DIY, Parjuni mengatakan aksi yang akan dilakukan oleh para peternak merupakan wujud kekecewaan kepada pemerintah. Nantinya akan dibagikan sekitar 3.000 ayam di Kementerian Perekonomian dan DPR pada Kamis (5/9/2019).

Ia mengatakan oversupply kali ini pengaruh pada pertengahan Agustus yang lalu tidak ada pengurangan suplai. Akhirnya kembali membuat oversupply.

“Ini terjadi nasional oversupply. Harga saat ini dari peternak hanya Rp9.000-Rp9.500/kg,” kata Parjuni, Selasa (3/9/2019).

Ia merasa pemerintah tidak cakap menangani masalah ini, lantaran sudah berlangsung sejak awal tahun, namun tidak ada penyelesaian yang jelas. “Praktis selama delapan bulan terakhir hanya satu bulan bisa bernapas, itu aja pendek. Istilahnya perlu oksigen tambahan dengan hutang atau menjual aset,” ujarnya.

Jika ditaksir menurut Parjuni, kerugian peternak di DIY, Jawa Tengah sudah mencapai Rp1 Triliun. Menurutnya kebijakan yang diambil oleh pemerintah tidak berpihak pada rakyat, namun pada pengusaha besar.

“Mereka kan yang harusnya mengendalikan populasi yang ada. Tetapi justru mereka yang membuat harga terpuruk. Harapan saya pemerintah berani tegas, tanpa pandang bulu melindungi. Semisal ada perusahaan yang tidak patuh ya disanksi,” ucapnya.

Sementara harga ayam potong di pasaran sendiri menurut Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto masih fluktuatif di kisaran Rp30.000/kg-Rp31.000/kg.

“Kami belum menerima laporan untuk anjloknya harga ayam di peternak. Nanti kami koordinasikan lagi dengan peternak,” ujar Yanto.