Advertisement

DIY Potensial Jadi Hub Logistik

Kusnul Isti Qomah
Selasa, 22 Oktober 2019 - 23:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
DIY Potensial Jadi Hub Logistik Pesawat di Yogyakarta International Airport, Kulonprogo. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipandang memiliki potensi untuk menjadi hub logistik. Hal ini tak terlepas dari adanya pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Internasional Yogyakarta (BIY). 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Hilman Tisnawan mengungkapkan DIY merupakan sebuah daerah yang menarik. Pasalnya, pertama DIY masih mengandalkan pertumbuhan ekonomi dari konsumsi masyarakat dan investasi dengan adanya YIA. " Satu hal yang diharapkan adalah kehadiran YIA yang mampu didarati pesawat berbadan besar. Bandara baru ini tidak sekadar meningkatkan arus penumpang, tetapi juga digadang-gadang mampu menjadi hub logistik terutama di Pulau Jawa," kata dia kepada wartawan dalam Capacity Building Bank Indonesia DIY di Plataran Heritage Borobudur Hotel and Convention Center Magelang, Jawa Tengah, Selasa (22/10).

Advertisement

Ia mengatakan konsumsi masyarakat ini sangat diandalkan sehingga memang menopang pertumbuhan ekonomi DIY yang kebetulan DIY adalah daerah wisata. Kedua, pertumbuhan ekonomi mengandalkan investasi karena adanya pembangunan bandara baru di Temon, Kulonprogo.

Hilman berkata YIA diharapkan bisa menjadi hub logistik Jawa nantinya dengan memaksimalkan pemanfaatan bandara. Hal ini tentu didukung dengan akses jalan melalui jalur kereta api,  Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS), serta jalan tol. "Jika harapan tersebut bisa dilakukan berarti potensinya sangat besar. Hal ini seiring dengan perkembangan bisnis e-commerce yang makin menjamur. Maka, akan muncul berbagai aktivitas ekonomi mulai distribusi, jasa pergudangan, dan lainnya termasuk terbentuknya kawasan aerotropolis," ujar dia. 

Sisi Ekspor

Ia menjelaskan dari sektor ekspor di DIY pun bisa digenjot di pasar yang lebih luas. Terlebih dengan adanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, DIY merupakan salah  satu daerah yang bisa memanfaatkan secara positif untuk mengirimkan barang kerajinan, barang-barang dari kayu, dan lainnya.

Menurutnya, perekonomian global belum akan membaik dalam waktu dekat sejak krisis global menerpa dunia. Ekonomi global masih tidak akan pulih dalam waktu cepat. "Ekonomi dunia baik dilihat dari sisi pertumbuhannya belum menunjukkan optimisme. Meski demikian, kondisi ekonomi DIY masih cukup bagus," tutur Hilman.

Wakil Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY ini menjelaskan dengan adanya perang dagang AS dengan Tiongkok semakin membuat ketidakpastian semakin tinggi. Beberapa target perekonomian nasional pun tidak tercapai seperti harapan, tetapi masih mampu tumbuh di atas 5%. Pertumbuhan tersebut lebih baik dibanding dengan negara lain bahkan ada yang hanya tumbuh di kisaran 1%.

"Lagi-lagi, Indonesia harus melakukan berbagai upaya lebih karena beberapa pabrik ternyata tidak pindah di Indonesia tetapi ke Vietnam, Filipina, Thailand, dan sebagainya yang sudah siap. Kita tidak siap dengan berbagai insentif dan masalah lainnya, oleh karena itu perlu melakukan berbagai upaya," ungkapnya.

Salah satu yang harus dilakukan selain menjaga nilai tukar dan inflasi adalah menjaga defisit transaksi perdagangan yang harus menggenjot ekspor. Jika sebelumnya ekspor mengandalkan berbasis komoditas primer, sekarang harus dimaksimalkan termasuk sektor jasa, industri manufaktur dan lainnya tetap bertumbuh tetapi tetap tidak mampu mendorong  pertumbuhan barang modal yang lebih besar.

"Ditambah lagi ekonomi kelas menengah tumbuh sehingga konsekuensi meningkatnya konsumsi kelas menengah seperti gadget yang masih mengandalkan barang impor sehingga membebani neraca. Selanjutnya tren kaum milenial yang gemar berwisata baik dalam maupun luar negeri," jelas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sabtu Satpas Polres Kulonprogo Buka Layanan SIM Hingga Pukul 11.00 WIB dan SiMenor Depan Pemkab Mulai Pukul 19.00-21.00 WIB

Kulonprogo
| Sabtu, 06 Juli 2024, 00:47 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement