Harga Cabai & Bawang Merah Kini Melambung

Harga Cabai & Bawang Merah Kini MelambungWanti, salah satu pedagang bahan pangan di Pasar Beringharjo, Jogja, menata dagangan telurnya, Senin (16/12). Ia mengeluhkan kenaikan harga telur selama sepekan ini./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
06 Januari 2020 07:27 WIB Mediani Dyah Natalia Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Selama libur Natal dan Tahun (Nataru), dinilai tidak ada gejolak harga yang berarti. Hanya beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan dan terasa sampai saat ini.

“Komoditas yang mengalami lonjakan selama Nataru bawang merah dan cabai merah. Selain itu juga telur ayam, tetapi sekarang sudah berangsur ke harga semula atau kembali normal,” ucap Kepala Bidang Perdangangan dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto, Minggu (5/1).

Yanto mengungkapkan untuk cabai merah dan bawang merah, saat ini baru memasuki masa tanam. Sementara permintaan, tergolong cukup tinggi hingga saat ini. Meski begitu, ia mengatakan untuk ketersediaan saat ini masih mencukupi.

Pihaknya terus memantau untuk melihat sampai seberapa tinggi kenaikan tersebut. Jika kenaikan sudah terlalu tinggi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pusat. Jika dimungkinkan dilakukan operasi pasar.

Harga Bahan Pangan per 3 Januari 2020

Komoditas                          Harga Pasaran   Harga Acuan

Bawang merah                  Rp32.600/kg       Rp34.000/kg

Cabai merah keriting      Rp34.600/kg       Rp15.000/kg – Rp32.000/kg

Cabai merah besar          Rp41.300/kg       Rp15.000/kg – Rp32.000/kg

Sumber: Disperindag DIY