Advertisement

Mengapa Erick Thohir Sering Sentil BUMN? Ternyata Ini Alasannya

Ilman A. Sudarwan
Sabtu, 22 Februari 2020 - 10:07 WIB
Nina Atmasari
Mengapa Erick Thohir Sering Sentil BUMN? Ternyata Ini Alasannya Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). - ANTARA / Rivan Awal Lingga

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Salah satu menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf, yakni Erick Thohir sering menyentil badan usaha milik negara (BUMN). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap serentetan sentilan kepada badan usaha milik negara (BUMN) bisa memacu manajemen untuk memperbaiki kinerja. Komentar-komentar tersebut sebagian turut memicu pergerakan saham BUMN di lantai bursa.

Erick menegaskan, dirinya tidak bermaksud menjatuhkan BUMN yang dia kritik. Dia ingin kritik tersebut direspon dengan perbaikan kinerja.

Advertisement

“Ya mereka [Telkom dan BNI]. Ya, kalau enggak dikasih Komut bagus yang galak. Kalau bisa, jangan kalah dari yang lain,” ujarnya di Jakarta, Kamis (21/2/2020).

Sebagaimana diketahui, Erick sempat melontarkan kritik kepada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. atau Telkom. Perseroan telekomunikasi dinilai gagal mengembangkan bisnis sesuai dengan perkembangan zaman.

Kinerja Telkom, lajut Erick tertolong karena mengandalkan pendapatan dari anak usahanya, PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel. Erick menyebut 70 persen pendapatan Telkom disumbang oleh Telkomsel sehingga lebih baik pemerintah lebih baik memiliki Telkomsel secara langsung.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. juga tak luput dari kritik Menteri BUMN. Erick menyebut kinerja BNI di bawah ekspektasi, tercermin dari rasio pembayaran dividen yang lebih kecil dibandingkan dengan bank umum kelompok usaha (BUKU) 4 lainnya.

Kementerian BUMN kemudian melakukan sejumlah pergantian direksi dan komisaris perseroan. Salah satunya, mengangkat mantan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo sebagai Komisaris Utama. Dia diharapkan dapat memberikan pengawasan yang baik untuk menggenjot kinerja manajemen BNI.

Komentar pedas Erick, khususnya terhadap Telkom langsung memengaruhi kinerja saham perseroan di lantai bursa. Setelah mengkomentari perusahaan ini pada pertengahan Rabu (12/2/2020) pekan lalu, harga sahamnya langsung terkoreksi.

Pada Kamis (13/2/2020) dan Jumat (14/2/2020), harga saham Telkom menukik dua hari berturut-turut. Pada Kamis, harga saham emiten berkode saham TLKM itu turun 2,36% dan pada Jumat sahamnya kembali turun 2,41%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement