Advertisement

Bank Bapas 69 Magelang Bagikan 2 Mobil untuk Nasabah

Nina Atmasari
Selasa, 16 Juni 2020 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Bank Bapas 69 Magelang Bagikan 2 Mobil untuk Nasabah Direktur Utama PD BPR Bank Bapas 69 Teguh Wiharso (kedua dari kiri) melakukan penarikan undian hadiah utama, Selasa (16/6/2020). - Harian Jogja/Nina Atmasari\\n\\n

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Sempat mundur tiga bulan karena pandemi Covid-19, PD BPR Bank Bapas 69 Magelang akhirnya mengundi hadiah utama untuk para nasabahnya. Dalam deretan hadiah itu, terdapat hadiah utama berupa dua unit mobil.

Penarikan undian dilakukan di kantor pusat bank tersebut, Selasa (16/6/2020). Direktur Utama PD. BPR Bank Bapas 69 Teguh Wiharso mengungkapkan penarikan undian ke-20 ini sedianya akan digelar pada 18 Maret 2020. "Namun berhubung kondisi yang tidak memungkinkan yakni adanya wabah penyakit Covid-19 sehingga acara penarikan itu dibatalkan," kata dia, saat memberikan sambutan.

Advertisement

Pada kesempatan ini, dia juga menghadirkan pahlawan nasabah yang sudah menjadi penabung selama 50 tahun lamanya. Di antaranya yakni mantan Wakil Wali Kota Magelang, Noor Muhammad yang telah menjadi nasabah sejak 1969 atau sejak dibukanya Bank Bapas 69 Magelang.

Teguh menjelaskan total aset bank milik Pemkab Magelang ini pada akhir 2019 mencapai Rp1.150 triliun, dengan dana pihak ketiga sebesar Rp854 miliar dan bisa menghasilkan keuntungan sebelum pajak Rp45 miliar.

Adanya pandemi Covid-19 selama tiga bulan terakhir berdampak pada semua sektor kehidupan termasuk sektor ekonomi. Meski begitu dia mengakui hal itu tidak terlalu berpengaruh pada dana di Bank Bapas 69.

Sejak Maret 2020, banknya sudah menutup permohonan kredit dari nasabah baru. Hingga saat ini mereka hanya melayani dari nasabah yang telah berlangganan.

 

Pemberlakuan Relaksasi

Dia tak menampik debitur mereka yang berasal dari UMKM mencapai 14.000 nasabah, tetapi rerata pinjaman mereka hanya Rp21 juta. "Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak aktivitas UMKM terdampak, tetapi tidak sampai berdampak signifikan kepada kami," ujar Teguh

Pasalnya, sekitar 65% nasabah Bank Bapas 69 Magelang adalah PNS, TNI dan Polri. Dana yang dihimpun dari mereka cukup untuk membayar kewajiban-kewajiban bank termasuk menggaji karyawan.

Adapun debitur yang kegiatan ekonominya terdampak, pihaknya memberikan relaksasi seperti keringanan suku bunga. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi di antaranya pengajuan dan peninjauan di lapangan.

Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Umum, Agung Nugroho mengapresiasi Bank Bapas 69 yang melakukan langkah tepat dalam melayani nasabah di masa Pandemi Covid-19.

"Serta kepedulian dan peran sosial terhadap masyarakat terdampak. Kemudian menginventarisir nasabah yang terdampak dan mengambil langkah-langkah yang sesuai ketentuan OJK bila ada nasabah yang bermasalah dengan pinjamannya," katanya.

Pada kesempatan itul dilakukan penarikan undian dua buah mobil Daihatsu Ayla yang berhasil dimenangkan oleh nasabah bernama Indarti dari Dukun dan Givon Ghalib Abiwara dari Ngablak. Selain itu ada pula hadiah pemerataan berupa sepeda motor, lemari es, televisi dan sepeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kunjungan Wisata di Sleman Nyaris 2 Juta Orang hingga April 2024

Sleman
| Minggu, 05 Mei 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement