Advertisement

8 Korporasi Asing Siap Investasi di Indonesia, Segini Nilainya

Nindya Aldila
Jum'at, 17 Juli 2020 - 13:27 WIB
Arief Junianto
8 Korporasi Asing Siap Investasi di Indonesia, Segini Nilainya Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar. - JIBI/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kementerian Luar Negeri mengungkapkan terdapat delapan perusahaan asing yang sudah mengonfirmasikan rencana investasi senilai US$1 miliar di Indonesia.

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengatakan beberapa dari mereka telah memulai konstruksi dan pembukaan operasi di Indonesia. "Dari delapan perusahaan ini, nilai investasi tahap pertama yang kita harapkan US$1 miliar," katanya saat press briefing, Jumat (17/7/2020).

Advertisement

Kedelapan perusahaan tersebut di antaranya terdiri dari perusahaan lampu elektronik tenaga surya (California), komponen kendaraan bermotor (Kanagawa, Jepang), spare part otomotif (Aichi, Jepang), elektronik serta peralatan rumah tangga (Osaka, Jepang). Selain itu, investasi itu berasal dari produsen speaker audio video elektronik (Taiwan), ban (Taiwan), perlengkapan elektronik serta jasa komunikasi (Seoul, Korea Selatan), dan miniatur mobil die cast (Guangzhou, China). 

Menurutnya, kehadiran perusahaan ini dapat menjadi angin segar bagi industri manufaktur nasional agar mendukung kemandirian. Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah saat ini yang banyak menarik investasi asing dari sektor industri dalam rantai pasok global yang baru, terutama di tengah pandemi global.

"Yang kami inginkan bukan industri yang sifatnya ekspansif, tetapi juga meningkatkan nilai tambah atau hilirisasi. Kemudian kami bisa menggunakan konstruksi dalam negeri maupun ekspor," ujarnya.

Kementerian Luar Negeri sudah membentuk Tim Percepatan Pemulihan Ekonomi (TPPE) yang bertugas melakukan sejumlah langkah konkret untuk mendorong aspek kerja sama internasional. Tim ini terdiri dari jajaran dari Kemlu yang bukan berupa jabatan strategis dan tugasnya fleksibel.

Upaya menarik investasi asing juga terus dilakukan oleh seluruh perwakilan RI di luar negeri bersama mitra strategis di masing-masing negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement