KRL Jogja-Solo Pengganti Prameks Diharapkan Beroperasi Tahun Depan

KRL Jogja-Solo Pengganti Prameks Diharapkan Beroperasi Tahun DepanIlustrasi - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
18 Agustus 2020 19:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo yang direncanakan menggantikan Prameks diharapkan mulai beroperasi pada 2021.

Kepala PT. KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Asdo Atrivianto mengatakan progres pembangunan merupakan kewenangan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian, sehingga pihaknya sebagai operator hanya menyesuaikan.

“Kami sebagai operator siap, justru menunggu-nunggu. Tetapi kami menyesuaikan dengan regulator juga pastinya. Nantinya kalau ada KRL Jogja – Solo ini kan penumpang tidak perlu menunggu terlalu lama, headway jauh lebih pendek. Harapannya 2021 sudah bisa berjalan,” ucap Asdo, Selasa (18/8/2020).

KRL Jogja-Solo ini digadang-gadang memiliki daya tampung lebih banyak. KRL juga diklaim lebih hemat lantaran menggunakan listrik sebagai energi utamanya.

Di samping itu, KRL dianggap lebih ramah lingkungan. Hal ini berbeda dengan KA Prameks yang merupakan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE). Sebagai permulaan, PT KAI telah memesan 10 train set KRL produksi PT Inka. Satu train set terdiri atas 10 rangkaian gerbong. Namun demikian, pengoperasian train set menggantikan KA Prameks Solo-Jogja ini bisa jadi bertahap tergantung dengan sistemnya apakah sama dengan KRL Jabodetabek.