Advertisement

KRL Jogja-Solo Pengganti Prameks Diharapkan Beroperasi Tahun Depan

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 18 Agustus 2020 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
KRL Jogja-Solo Pengganti Prameks Diharapkan Beroperasi Tahun Depan Ilustrasi - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo yang direncanakan menggantikan Prameks diharapkan mulai beroperasi pada 2021.

Kepala PT. KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Asdo Atrivianto mengatakan progres pembangunan merupakan kewenangan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian, sehingga pihaknya sebagai operator hanya menyesuaikan.

Advertisement

“Kami sebagai operator siap, justru menunggu-nunggu. Tetapi kami menyesuaikan dengan regulator juga pastinya. Nantinya kalau ada KRL Jogja – Solo ini kan penumpang tidak perlu menunggu terlalu lama, headway jauh lebih pendek. Harapannya 2021 sudah bisa berjalan,” ucap Asdo, Selasa (18/8/2020).

KRL Jogja-Solo ini digadang-gadang memiliki daya tampung lebih banyak. KRL juga diklaim lebih hemat lantaran menggunakan listrik sebagai energi utamanya.

Di samping itu, KRL dianggap lebih ramah lingkungan. Hal ini berbeda dengan KA Prameks yang merupakan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE). Sebagai permulaan, PT KAI telah memesan 10 train set KRL produksi PT Inka. Satu train set terdiri atas 10 rangkaian gerbong. Namun demikian, pengoperasian train set menggantikan KA Prameks Solo-Jogja ini bisa jadi bertahap tergantung dengan sistemnya apakah sama dengan KRL Jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Juta Rupiah Dicairkan BPJS Ketenagakerjaan buat Pekerja di Kulonprogo

Kulonprogo
| Rabu, 01 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement