Advertisement

Pastikan Ketercukupan Pangan Balita, FOI dan JNE Keliling ke 7 Provinsi

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 24 Agustus 2020 - 18:12 WIB
Arief Junianto
Pastikan Ketercukupan Pangan Balita, FOI dan JNE Keliling ke 7 Provinsi Pembagian makanan tambahan untuk anak-anak bersama perwakilan JNE untuk nasabah Foodbank of Indonesia (FOI) di FOI wilayah Johar Baru, Jakarta Pusat, belum lama ini. - Istimewa/JNE

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Foodbank of Indonesia (FOI) bersama JNE mengajak masyarakat bergerak bersama memerdekakan balita dari rasa lapar lewat Aksi 1.000 Bunda untuk Indonesia.

Founder FOI, Hendro Utomo mengatakan gerakan ini merupakan sebuah kampanye yang mengajak para bunda Indonesia mencakup kader PAUD, calon bunda, pakar, akademisi untuk bergerak membuka akses pangan dan memerangi kelaparan pada balita di Indonesia untuk mencapai impian Indonesia merdeka 100%. Aksi 1.000 Bunda untuk Indonesia diawali dengan Ekspedisi Merdeka 100% melintasi tujuh provinsi dan menempuh jarak lebih dari 2.500 km.

Advertisement

“Dari hasil observasi lapangan, situasi pandemi ini semakin mempersulit balita memperoleh akses pangan yang layak. Banyak balita yang kelaparan, gizi kurang, bahkan stunting,” kata Hendro, melalui siaran pers, Senin (24/8/2020).

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA), Lenny N. Rosalin mendukung penuh untuk membantu masyarakat dalam mencari solusi melalui redistribusi makanan berlebih sebagai upaya membuka akses pangan bagi kelompok rentan, termasuk balita.

Kerja sama antarlembaga, kata dia, sangat penting untuk memastikan konvergensi seluruh program terkait dengan pencegahan stunting. “Terutama meningkatkan cakupan dan kualitas intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif pada kelompok ibu hamil, ibu menyusui, dan anak berusia 0-23 bulan atau 1.000 hari pertama kehidupan.” Kata Lenny.

Presiden Direktur JNE, Mohammad Feriadi mengatakan, sejak 2018 JNE bersinergi dengan FOI dalam distribusi bantuan pangan. Sejak itu, JNE terus berupaya turut memanfaatkan kapabilitas yang ada untuk membantu mengirimkan berbagai bantuan pangan agar lebih luas lagi jangkauan areanya hingga ke seluruh pelosok Indonesia. “Termasuk dalam Aksi 1.000 Bunda untuk Indonesia yang digalang oleh FOI kali ini,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement