Bank BPD DIY Dukung Literasi Keuangan Perkotaan

Bank BPD DIY Dukung Literasi Keuangan PerkotaanProgram literasi keuangan BPD DIY. - Ist
02 September 2020 13:27 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Bank BPD DIY meningkatkan Peningkatan Literasi Keuangan Usaha Mikro dan menengah dan Calon Pelaku Usaha khususnya di Kota Jogja. Bank BPD DIY melakukan pelatihan Micro Business Simulation (MBS) bagi masyarakat kelompok pelaku UMKM yang terdiri dari kelompok ibu-ibu PPKS, pedagang kecil, penyandang disabilitas, dan kelompok pedagang akringan.

Dalam rilis yang dikirim kepada Harianjogja.com Rabu (2/9/2020) bentuk kegiatan yang diberikan berupa seminar soft skill, game, dan simulasi usaha. Materi yang diberikan berupa pengetahuan ekonomi dasar, pemahaman tentang cara berpikir dan bertindak sebagai pelaku usaha, adaptif terhadap peluang dan tantangan berwirausaha.

Selain itu ada pemahaman tentang akuntansi dasar, pemahanan tentang marketing dan costumer, penyadaran tentang dinamika usaha dan pasar, serta akses pembiayaan usaha dan manfaatnya.

Petugas dari Bank BPD DIY memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap pelaku usaha di masyarakat. Kegiatan yang diberikan diharapkan memberikan pemahaman terhadap pelaku kelompok usaha agar menimbulkan cara berpikir yang rasional dalam berusaha.

Program ini sejalan dengan misi Bank BPD DIY sebagai agen pembangunan. Di era pandemi virus corona disease ini Bank BPD DIY giat untuk menggerakan ekonomi warga, salah satu program kegiatan ialah Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PeDe).