Libur Panjang, Ini Info Layanan Bank Mandiri, BCA & CIMB Niaga

Libur Panjang, Ini Info Layanan Bank Mandiri, BCA & CIMB Niaga Nasabah bertransaksi di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, beberapa waktu yang lalu- JIBI/Bisnis Indonesia- - Felix Jody Kinarwan
29 Oktober 2020 17:27 WIB Annisa Sulistyo Rini Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Banyak bank menyesuaikan layakan operasional selama libur nasional dan cuti bersama akhir pekan ini (28-30 Oktober 2020). Berikut ini informasi layanan di tiga bank besar yaitu Bank Mandiri, BCA dan CIMB Niaga.

Tidak semua bank melakukan penutupan layanan kantor cabang, seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., yang memilih memberikan layanan terbatas pada masa libur panjang.

Sementara, PT Bank Central Asia Tbk. dan PT Bank CIMB Niaga Tbk. tidak mengoperasikan seluruh kantor cabang selama periode libur. Namun, nasabah tetap bisa mendapatkan layanan melalui saluran elektronik dan aplikasi digital.

Berikut informasi lengkap mengenai layanan Bank Mandiri, BCA, dan CIMB Niaga pada masa libur panjang:

Bank Mandiri

Nasabah mengambil uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri di Jakarta, Selasa (10/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Perseroan memberikan layanan perbankan secara terbatas pada libur cuti bersama dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 28-30 Oktober 2020.

Sebanyak 133 cabang di seluruh Indonesia akan beroperasi secara bergiliran untuk memberikan layanan perbankan, yaitu penerimaan setoran Modul Penerimaan Negara (MPN), setoran pembelian BBM/Non BBM serta layanan kas terbatas seperti setor/tarik tunai, penggantian buku tabungan, cetak mutasi rekening, pindah buku antar rekening Bank Mandiri dan pembukaan blokir.

Informasi lengkap mengenai jadwal kantor cabang operasional pada periode tersebut dapat diperoleh pada link bmri.id/operasionalcabang serta layanan Mandiri Call 14000.

Dengan layanan yang terbatas, Bank Mandiri mengimbau para nasabah untuk mengoptimalkan layanan digital banking perseroan dalam bertransaksi, seperti Mandiri Online, Mandiri SMS Banking, Mandiri ATM, Mandiri Cash Management dan Mandiri Internet Bisnis.

Di samping layanan elektronik, Bank Mandiri juga memiliki lebih dari 120.000 mandiri agen yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia. Mandiri agen ini menjadi kepanjangan tangan Bank Mandiri dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening Mandiri

BCA

Nasabah melakukan transaksi lewat mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (28/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Seluruh kantor cabang PT Bank Central Asia Tbk. tidak akan beroperasi selama cuti bersama 28 dan 30 Oktober 2020.

Begitu juga dengan layanan Weekend Banking pada 31 Oktober dan 1 November 2020 juga ditiadakan.

Meskipun demikian, kebutuhan perbankan nasabah tetap dapat dilakukan melalui BCA mobile atau KlikBCA Individu atau KlikBCA Bisnis.

BCA memberikan beragam fitur digital banking yang bermanfaat bagi nasabah saat #DiRumahAja, antara lain fitur QR di BCA mobile yang bisa digunakan nasabah untuk bayar transaksi belanja di merchant dengan pembayaran QRIS.

Fitur berikutnya adalah Tarik Tunai Tanpa Kartu (Cardless) di BCA mobile yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM. Biasanya dompet tertinggal dan situasi mendesak harus transaksi dengan uang tunai, nasabah cukup mengakses fitur Cardless di BCA mobile dan dapat dengan mudah menarik uang tanpa kartu di ATM BCA.

Fitur terbaru dari BCA adalah Debit Online, fitur yang mempermudah nasabah dalam melakukan pembayaran transaksi online.

Selain fitur digital banking BCA, layanan Halo BCA juga siap melayani kebutuhan nasabah selama 24 jam melalui telepon Halo BCA 1500888 atau ketik #halobca melalui Whatsapp di 0811 1500 998, dan Halo BCA Chat di www.bca.co.id atau mention akun Twitter: @HaloBCA.

Buka tabungan #DibikinSimpel via BCA mobile, aktivasi finansial BCA mobile dan KlikBCA Individu bisa melalui Halo BCA, dan transfer di KlikBCA Individu kini bisa sampai 250 juta rupiah/hari.

Transaksi B2B Pertamina tetap dapat dilayani pada 30 Oktober 2020 pukul 09.00 – 14.00 di 10 kantor cabang, yakni KCU Matraman, KCU Galaxy, KCU Palembang, KCU Denpasar, KCU Malang, KCU Bandung, KCU Semarang, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Medan, dan KCU Madiun.

CIMB Niaga

Karyawati beraktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

PT Bank CIMB Niaga Tbk. tidak mengoperasikan seluruh kantor cabang selama cuti bersama dari 28-30 Oktober 2020. Operasional kantor cabang baru beroperasi normal pada Senin (2/11/2020).

Nasabah tetap dapat mendapatkan layanan melalui digital lounge yang ada di mall-mall seluruh Indonesia.

Begitu juga dengan jaringan ATM yang tetap beroperasi 24 jam, termasuk drive thru ATM.

Nasabah juga dapat memanfaatkan layanan digital yang tersedia di OctoMobile dan OctoClicks. Apalagi, hampir semua layanan nasabah ritel dapat diakses melalui kedua paltform tersebut.

Jika mengalami kendala dan pengaduan. nasabah bisa menghubungi call center CIMB Niaga di 14041.

Sumber : JIBI/Bisnis.com