Disiplin Protokol Pencegahan Covid-19 Kunci Bangkitkan Ekonomi

Disiplin Protokol Pencegahan Covid-19 Kunci Bangkitkan EkonomiKepala BI DIY Hilman Tisnawan - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
21 November 2020 05:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Disiplin penerapan protokol kesehatan untuk mencegah pandemi Covid-19 menjadi hal yang penting dan memengaruhi jalannya pemulihan ekonomi.

“Ekonomi kita akan pulih dengan berkelanjutan, kalau masyarakat mampu menerapkan disiplin normal baru,” kata Kepala Bank Indonesia (BI) DIY, Hilman Tisnawan, Jumat (20/11/2020).

Hilman menggarisbawahi 3M untuk pencegahan penyebaran Covid-19 harus dijalankan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

Dia mengajak masyarakat untuk tidak lengah menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung cukup lama ini. “Yang dikhawatirkan masyarakat sudah lelah, tidak menerapkan lagi protokol pencegahan Covid-19. Jangan sampai terjadi itu,” ucapnya.

Menurutnya, pada long weekend beberapa waktu lalu menunjukan tanda mulai membaiknya pertumbuhan ekonomi. DIY yang memiliki keunggulan di sektor pariwisata, sangat bergantung pada pergerakan orang. Oleh karenanya kedisiplinan penerapan protokol pencegahan Covid-19 menjadi kunci agar pertumbuhan yang bagus ini bisa berkelanjutan.

Memasuki Triwulan IV ini, Hilman memprediksi ekonomi DIY akan semakin membaik dengan adanya pilkada, libur akhir tahun serta pemaksimalan belanja pemerintah. Meski begitu tetap, ia menekankan protokol pencegahan Covid-19 yang utama, agar tidak ada efek negatif dari potensi pertumbuhan ekonomi itu.