Advertisement

Wisata Mulai Dibuka, Ekonomi DIY Membaik

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 28 September 2021 - 11:47 WIB
Sunartono
Wisata Mulai Dibuka, Ekonomi DIY Membaik Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. - IST

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) DIY menilai pembukaan destinasi wisata di DIY dapat memicu pergerakan ekonomi di berbagai sektor lain. Bergeraknya aktivitas ekonomi, setelah penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dapat memacu pertumbuhan ekonomi.

“Wisata mulai dibuka, pariwisata naik. Biasanya akan berdampak pada berbagai sektor industri, makanan minuman, hotel dan restoran, konsumsi naik. Otomatis ekonomi DIY bisa naik. Ekonomi di DIY dapat dikatakan ekonomi kerumunan [mengandalkan pergerakan orang],” ujar Deputi Kepala BI DIY, Miyono, Senin (27/9/2021).

Advertisement

Miyono mengungkapkan secara sektoral, selain pertanian, dan pengolahan, pariwisata memang memiliki dampak yang besar untuk ekonomi. Kuncinya untuk membangkitkan ekonomi memang mendorong pariwisata. Dampaknya konsumsi akan meningkat. Setidaknya dari wisatawan nusantara masuk ke DIY.

"Dampaknya akan dirasakan UMKM [Usaha Mikro Kecil dan Menengah]. Restoran kecil, toko oleh-oleh, namun tetap protokol kesehatan harus dijaga dengan baik. Saat ini juga UMKM yang bisa adaptasi digital memang bisa bertahan, aspek digitalisasi memang penting saat ini,” ujarnya.


Dia mengatakan berbagai kebijakan juga telah dikeluarkan oleh BI, untuk mendukung pemulihan ekonomi. Sinergi dengan Pemda juga telah dilakukan. Diproyeksikan pertumbuhan ekonomi di DIY juga akan membaik. Perekonomian DIY 2021 berpotensi tumbuh kisaran 4,5%-5,3% dengan kecenderungan batas atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement