Advertisement

Jokowi Tegaskan Pemerintah Buka Pintu Investasi untuk Semua Negara

Dany Saputra
Rabu, 27 Oktober 2021 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Jokowi Tegaskan Pemerintah Buka Pintu Investasi untuk Semua Negara Presiden Joko Widodo (tiga kanan) didampingi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (tiga kiri), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri), Bupati Batang Wihaji (empat kiri) dan jajaran menteri lainnya berbincang saat peninjauan Kawasan Industri Terpadu Batang dan Relokasi Investasi Asing ke Indonesia di Kedawung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia agar memastikan Indonesia memberikan ruang sebesar-besarnya kepada investor dari seluruh negara.

Bahlil menegaskan bahwa orang nomor satu di Indonesia tersebut meminta agar seluruh investor diberikan perlakuan yang sama.

Advertisement

"Di bawah perintah Presiden Joko Widodo, bahwa Indonesia harus memberikan ruang sebesar-besarnya kepada semua negara. Kita tidak hanya mencondong ke satu negara, tapi semua negara kita beirkan tempat yang sama, selama dia memenuhi peraturan perundangan [Indonesia]," ucap Bahlil pada konferensi pers, Rabu (27/10/2021).

Pada periode Januari-September 2021, negara dengan investasi terbesar yang masuk ke Indonesia masih Singapura. Total investasinya adalah US$7,3 miliar atau 32,0 persen dari total Penanaman Modal Asing (PMA) atau Foreign Direct Inevstment (FDI).

"Dari Januari sampai September, Singapura masih nomor satu. Kita tahu ini hub juga bagi beberapa negara ," kata Bahlil.

Setelah Singapura, peringkat negara dengan PMA terbesar di Indonesia diikuti oleh Hong Kong sebesar US$3,1 miliar (13,8 persen); China sebesar US$2,3 miliar (10 persen); Jepang sebesar US$1,8 miliar (7,7 persen); dan Belanda US$1,5 miliar (6,7 persen).

Selain itu, realisasi PMA yang masuk ke Indonesia pada kuartal III/2021 adalah sebesar Rp103,2 triliun atau 47,6 persen dari total investasi yang masuk. Total nilai penanaman modal pada kuartal III/2021 adalah Rp216,7 triliun.

Realisasi PMA pada kuartal III/2021, kata Bahlil, turun turun 11 persen secara kuartalan (quarter-to-quarter/qtq), dan turun 2,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Tidak hanya PMA, total nilai investasi pada kuartal III/2021 juga turun secara kuartalan sebesar 2,8 persen (qtq), dibandingkan dengan kuartal II/2021 sebesar Rp223,0 triliun.

Menurut Bahlil, kuartal ketiga tahun ini terberat akibat eskalasi kasus Covid-19 yang dipicu oleh varian Delta. Namun, realisasi investasi pada kuartal III/2021 tetap tumbuh seebsar 3,7 persen secara tahunan (yoy).

"Kuartal ketiga adalah kuartal terberat sebab kita menghadapi pandemi Covid-19 luar biasa kenaiknannya mulai Agustus itu," ujar Bahlil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement