Advertisement

Mantan Tukang Batu Jadi Orang Terkaya Asia, Ini Profilnya

Nirmala Aninda
Rabu, 12 Januari 2022 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Mantan Tukang Batu Jadi Orang Terkaya Asia, Ini Profilnya Zhong Shanshan, mantan tukang batu yang jadi orang terkaya Asia. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Mantan tukang batu dan kuli bangunan asal China didapuk sebagai orang terkaya Asia menurut Bloomberg Billionaires Index. Pria itu, Zhong Shansan, kini adalah Chairman perusahaan air minum kemasan China Nongfu Spring. Di seluruh dunia, dia menjadi orang terkaya keenam.

Zhong mengalahkan miliarder sukses lainnya seperti Warren Buffet, pendiri Google Larry Page, dan mantan pemilik Microsoft Corp. Steve Ballmer.

Advertisement

BACA JUGA: Seorang Tukang Batu Terima Rp3,2 Miliar dari Proyek Tol Jogja-Solo

Dilansir melalui Entrepreneur, Senin (11/1/2021), Zhong menjadi pembicaraan utama sepanjang pekan lalu setelah menggeser miliarder asal India, Mukesh Ambani, dari posisi teratas orang terkaya di Asia. Dia enjadi orang keenam terkaya di dunia tanpa investasi di sektor unggulan sepanjang abad ini seperti teknologi informasi, mobil listrik atau perdagangan terorganisir seperti tidak mungkin.

Zhong memulai pekerjaannya sebagai kuli bangunan, tukang batu, kemudian terjun ke dunia jurnalistik, dan juga bertani jamur, sebelum menjadi pengusaha.

Ini adalah kedua kalinya seseorang berkebangsaan China berada di sepuluh besar ekonomi Bloomberg Billionaires Index setelah Wang Jianlin berada di peringkat kedelapan pada tahun 2015.

Lahir di kota Hangzhou, Zhong berhenti sekolah dasar selama revolusi budaya di China. Dia dikenal sebagai 'lone wolf' karena menjauhkan diri dari politik, tidak terlibat dengan klan kaya lain dan tertarik pada bisnis, sangat berbeda dengan pengusaha China lainnya.

Zhong, 66 tahun, yang sering digambarkan sebagai pria yang dapat mengubah air menjadi emas, menyadari bahwa kekayaannya telah membengkak pada tahun 2020, seperti banyak pengusaha kaya lainnya, kecuali pendiri Alibaba, Jack Ma.

Dia adalah salah satu nama dengan pertumbuhan kekayaan tercepat dalam sejarah.

Air menjadi salah satu bahan dasar penciptaan vaksin yang membantu empat kerabat Zhong menjadi jutawan. Adik perempuannya dan tiga saudara istrinya — semuanya memiliki 1,3 persen kepemilikan saham di Nongfu — bernilai US$1,3 miliar, menurut Bloomberg.

Meskipun Ambani pernah menjadi salah satu orang terkaya di dunia, saham Reliance Industries Ltd. miliknya mengalami stagnasi karena mereka berada di bawah tekanan untuk mewujudkan revolusi digital yang dijanjikan.

Pada saat yang sama, dalam dua hari perdagangan pertama tahun 2021, saham Nongfu naik 18 persen, naik lebih tinggi 200% sejak September tahun lalu.

Pada 2020, perusahaan farmasi miliknya, Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co, go public, dengan sahamnya naik lebih dari 2.500% sejak April tahun lalu.

Berkat lonjakan itu, Zhong kini berada di peringkat keenam Bloomberg Billionaires Index dengan kekayaan sebesar US$9,17 miliar.

BACA JUGA: Sungguh Tega! Kades Ini Korupsi Honor Kuli dan Tukang Bangunan

Di posisi pertama, CEO Amazon Jeff Bezos unggul dengan kekayaan sebesar US$188 miliar, disusul oleh CEO Tesla Elon Musk (US$176 miliar), pendiri Microsoft Bill Gates (US$131 miliar), serta chairman LVMH Bernard Arnault (US$113 miliar), dan Mark Zuckerberg pendiri Facebook. (US$103 miliar).

Di mantan tukang batu juga naik peringkat karena perusahaan teknologi China telah runtuh di tengah meningkatnya penjagaan pepemerintah.

Jack Ma, orang terkaya di Asia sebelum Ambani mengambil alih gelarnya tahun lalu, sekarang memiliki kekayaan bersih US$51,2 miliar, turun dari US$61,7 miliar pada Oktober karena rezim Alibaba-nya menghadapi pengawasan yang meningkat dari otoritas China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik Sabtu 20 April 2024: Giliran Sleman dan Kota Jogja, Cek Lokasinya!

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement