Advertisement

Bisnis Daring Jadi Peluang Perluas Pasar

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 22 Februari 2022 - 07:27 WIB
Arief Junianto
Bisnis Daring Jadi Peluang Perluas Pasar Tangkapan layar saat Seller Community Specialist Blibli, Hary Nindito Razad (kanan) berbincang secara daring dengan Blibli Seller, Resky Noviana saat Ngopi Virtual Bareng Blibli, Saatnya Ekspansi Jadikan Bisnismu No 1, Senin (21/2/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berbelanja secara daring kini telah menjadi gaya hidup masyarakat. Perubahan gaya berbelanja dari offline menjadi daring ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memperluas pasar.

“Tren perubahan [belanja] ke online ini tidak hanya sementara. Ini akan jadi gaya hidup selanjutnya. Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan pelaku bisnis untuk membuka toko secara daring,” ucap Seller Community Specialist Blibli, Hary Nindito Razad saat acara Ngopi Virtual Bareng Blibli, Saatnya Ekspansi Jadikan Bisnismu No.1, Senin (21/2/2022).

Advertisement

Mengacu data Google Trends, Didit, sapaan akrabnya, mengatakan persentase orang yang melakukan pencarian berkaitan dengan online meningkat pesat pada rentang 2020-2021. Seperti misalnya orang yang mencari cara daftar online yang meningkat 61%, digital transformasi yang meningkat 64%, dan juga seller center merchant goes digital yang meningkat 69% .

“Kemudian new digital consumer ada 21 juta di tahun lalu. Sekitar 72 persennya bukan dari kota besar Jabodetabek, artinya ada pemerataan di luar kota besar. Sehingga digital ini berperan penting dalam strategi pemasaran,” ucap Didit.

Momen menyambut Ramadan tahun ini, kata dia, juga bisa menjadi peluang besar. Pemanfaatan berbagai media sosial seharusnya bisa lebih dioptimalkan.

Jaringan Distribusi

Dia mengatakan, jaringan distribusi Blibli juga luas, memberikan jaminan 100% asuransi pengiriman, dan bekerja sama dengan perusahaan logistik domestik maupun internasional. “Kami memiliki fasilitas titip di di gudang Blibli, beserta layanan lengkap pengelolaan pesanan, fulfilment by Blibli atau FBB,” ucapnya.

Berbagai penawaran menarik juga diberikan Blibli, seperti untuk new seller mendapat gratis modal promosi Rp5,4 juta yang dibagi mulai dari buka toko hingga upgrade toko. Ada juga exposure khusus untuk seller baru, dan juga berbagai benefit khusus untuk official store.

Untuk dengan Blibli cukup mudah. Pelaku usaha perorangan hanya perlu mengisi data personal, termasuk mempersiapkan surel, nomor ponsel, dan nama toko. Kemudian onboarding dan pengaturan toko, melengkapi lokasi pick up point, melengkapi beberapa dokumen dan mengunggah produk. Terakhir, mengatur toko dan merespons pesanan yang masuk.

Advertisement

Founder Yasmin Butik Batik, yang juga Blibli seller, Resky Noviana menceritakan pengalamannya yang memulai usaha dari toko offline hingga menjual secara daring. Berdasar pengalamannya, dia mengatakan penjualan online ini sangat membantu meningkatkan penjualan, terlebih saat pandemi seperti saat ini.

“Awalnya yakin hanya perlu offline, tetapi setelah pandemi itu baru terasa susah mengandalkan offline saja. Kemudian mencoba mengoptimalkan penjualan dengan daring melalui Blibli. Sangat terasa manfaatnya,” ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

BUMDes di Sleman Perlu Digerakkan untuk Pemulihan Ekonomi

Sleman
| Senin, 23 Mei 2022, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement