Advertisement

Diklaim Langka, Minyakita Tak Lagi Distok untuk Toko Ritel Modern hingga Lebaran

Ni Luh Anggela
Minggu, 05 Februari 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Diklaim Langka, Minyakita Tak Lagi Distok untuk Toko Ritel Modern hingga Lebaran Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pemerintah akan mengurangi pasokan minyak goreng (migor) kemasan Minyakita ke toko ritel modern hingga Lebaran mendatang. Stok Minyakita nantinya dialihkan ke pasar rakyat

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan selain mengalihkan pasokan Minyakita ke pasar rakyat, Satgas Pangan juga terus melakukan pengawasan harga dan pasokan Minyakita agar tepat sasaran.

Advertisement

Zulhas, sapaan akrabnya, juga menyampaikan bahwa masyarakat akan mendapatkan minyak goreng berkualitas dengan harga terjangkau, yakni Rp14.000 per liter.

“Hingga Lebaran, suplai Minyakita diutamakan untuk pasar rakyat. Minyakita tidak boleh dijual lebih dari harga eceran tertinggi dan akan diawasi Satgas Pangan,” kata Zulhas Minggu (5/2/2023).

BACA JUGA: Minyak Goreng Minyakita Langka, Ini Siasat Pemerintah

Dalam kunjungannya ke Pasar Kreneng, Denpasar, Bali, Sabtu (4/2), Zulhas mengungkapkan sebagian besar masyarakat memilih produk besutan pemerintah tersebut lantaran kualitasnya yang bagus sehingga dia berencana untuk menambah pasokan Minyakita ke pasar rakyat.

Rencananya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menambah pasokan Minyakita dan minyak goreng curah ke pasar sebanyak 450.000 ton per bulan, dari sebelumnya 300.000 ton per bulan. Penambahan pasokan itu dilakukan selama tiga bulan, mulai Februari-April 2023.

Upaya ini juga untuk mencukupi kebutuhan masyarakat jelang Ramadan 2023. “Mudah-mudahan saat Februari nanti, karena puasa dan Lebaran, mudah-mudahan membanjiri pasar sehingga di pasar-pasar rakyat ini juga bisa lagi,” kata Zulhas.

Sebelumnya, sejumlah pedagang pasar mengungkapkan bahwa sudah dua pekan Minyakita tak lagi membanjiri pasaran. Akibatnya, minyak goreng dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter itu kini telah mencapai Rp16.000 per liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Tawuran, Lima Remaja Ditangkap Polisi di Bantul

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement