Advertisement

Pesan Wagub DIY untuk Kadin dalam Menghadapi Fenomena Bisnis Global

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 03 Maret 2023 - 21:17 WIB
Sunartono
Pesan Wagub DIY untuk Kadin dalam Menghadapi Fenomena Bisnis Global Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X mewakili Gubernur DIY saat pembukaan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) KADIN DIY di Jogja Expo Center Jumat (3/3/2023). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X berharap organisasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) ikut beperan dalam menghadapi tatanan masyarakat 5.0. Era ini prasyarat human-centered akan mewarnai produk kreatif baru, seiring implementasi teknologi.

"Untuk itu, Kadin DIY diharapkan mampu mempelajari berbagai fenomena bisnis global yang memberikan manfaat lebih kepada penggunanya, dan menjadikan dunia lebih sejahtera," ungkap Paku Alam X mewakili Gubernur DIY dalam pembukaan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Kadin DIY di Jogja Expo Center Jumat (3/3/2023).

Advertisement

Dia mengatakan tatanan masyarakat 5.0 merupakan sebuah era di mana prasyarat human-centered akan mewarnai produk kreatif baru."Hal ini seiring implementasi teknologi, yang memberikan manfaat lebih kepada penggunanya, dan menjadikan dunia lebih sejahtera.

BACA JUGA : Kadin DIY Buka Program Layanan Aduan Hukum

“Berkaca dari fenomena ini, Rapimda Kadin DIY tahun ini patut belajar dan mengambil banyak pelajaran dari berbagai fenomena bisnis global,” katanya.

Dia menjelaskan, Rapimda Kadin tahun lalu mengangkat tema ‘Mewujudkan Kadin DIY Transformatif, Inklusif, dan Kolaboratif’. Jika memandang tema Rapimda tahun ini, ‘Tumbuh Kuat, Ekonomi Hebat’, lanjut Sri Paduka, maka terdapat korelasi yang kuat yang dilakukan Kadin DIY dengan misi transformasi, inklusi dan kolaborasi yang digemakan tahun lalu.

“Kedua tema ini ada korelasi, khususnya dalam menyongsong tantangan masa depan dunia bisnis yang kian dinamis dan tak dapat diduga arahnya. Tentu ini menjadi bagian aktif untuk memperkuat ekonomi Indonesia,” ucapnya.

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan Kadin DIY, Robby Kusumaharta membacakan sambutan Ketua Umum Kadin DIY mengaku bersyukur mampu melewati tantangan global maupun lokal selama 2022 lalu. Sebagai sebuah entitas, organisasnya akan berupaya mengatasi peluang maupun tantangan ke depan khususnya di DIY.

"Salah satu upaya kami untuk menjawab peluang dan tantangan tersebut dengan melakukan evaluasi atas program dan organisasi. Perencanaan ke depan menjadi salah satu siklus penting dalam kehidupan organisasi, apalagi kami selama ini telah menjadi salah satu mitra strategis Pemda DIY dan aktor utama dalam pembangunan ekonomi yang inklusif," paparnya.

Robby menegaskan, organisasinya akan semakin proaktif bersinergi dan berkolaborasi demi terwujudnya visi Pemda DIY 2022-2027 mendatang. Lembaganya dapat mengambil peran dalam upaya terwujudnya peningkatan kualitas hidup, kehidupan, dan penghidupan yang berkeadilan dan berkeadaban melalui meningkatkan kemampuan SDM yang berdaya saing.

BACA JUGA : Kadin dan UGM Jalin Kerja Sama 

“Industri yang berkembang juga harus menjadi mitra bagi UMKM dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi nasional. Semoga Indonesia semakin tumbuh kuat, ekonomi hebat. Tekad kami mendorong terwujudnya panca mulia DIY juga dapat berdampak bagi Indonesia dan terwujudnya dunia yang lebih baik,” imbuhnya.

Pada acara ini hadir pula secara daring Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dan Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kadin Indonesia, Bernardino M. Vega. Bernardino berharap dapat menyelaraskan programnya dengan program yang dijalankan pusat.

“Semoga bisa terus bersinergi dengan pihak pemerintah maupun asosiasi atau perhimpunan pengusaha lainnya. Termasuk bisa terus memperjuangkan aspirasi para pelaku usaha di DIY," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement