Advertisement

Penumpang Kepanasan di Ketinggian 30.000 Kaki, Begini Teguran Kemenhub ke Super Air Jet

Rio Sandy Pradana
Jum'at, 24 Maret 2023 - 13:57 WIB
Arief Junianto
Penumpang Kepanasan di Ketinggian 30.000 Kaki, Begini Teguran Kemenhub ke Super Air Jet Kru kabin pesawat Super Air Jet. - Dok. Super Air Jet

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta Super Air Jet berbenah agar kejadian penumpang kepanasan akibat gangguan teknis pada Selasa (21/3/2023) tidak terulang.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Maria Kristi Endah memerintahkan Super Air Jet untuk menginvestigasi internal dan melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan agar permasalahan ini tidak terulang kembali. "Super Air Jet diminta melakukan pembinaan kepada personel penerbangan jika ditemukenali melaksanakan tugas di luar standar operasi yang berlaku," ujarnya, Kamis (23/3/2023). 

Advertisement

Dia mendapatkan informasi bahwa pesawat Super Air Jet dengan kode penerbangan IU-737 dengan rute Denpasar menuju Jakarta mengalami gangguan teknis. 

Pesawat tersebut mengalami gangguan pada sistem pengatur tekanan udara sehingga membuat suhu udara di kabin pesawat tinggi dan membuat penumpang menjadi tidak nyaman karena kepanasan.

BACA JUGA: Pesawat Super Air Jet AC Mati, Penumpang Bali-Jakarta Basah Kuyup

Kristi juga memerintahkan direktorat terkait untuk memberikan teguran kepada Super Air Jet atas masalah tersebut. Inspeksi akan dilakukan agar kejadian serupa tidak terjadi kembali dan pesawat aman digunakan.

Berdasarkan catatan Bisnis.com (Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI), Rabu (23/3/2023), Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari menjelaskan pesawat membawa 179 penumpang dan dan enam awak kabin. Penerbangan IU-737 lepas landas pukul 17.55 WITA dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. "Seluruh aspek prosedur penerbangan dijalakan secara tepat," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (21/3/2023). 

Dia menjelaskan standar keselamatan sebelum penerbangan diimplementasikan melalui pengecekan pesawat sebelum keberangkatan yang menjadi bagian penting dari prosedur penerbangan. 

Pada penerbangan dari Bali menuju Jakarta, saat mencapai ketinggian 30.000 kaki di atas permukaan laut, ada indikasi sistem pengatur tekanan udara di kabin tidak berfungsi seharusnya (kurang maksimal).

Pilot harus menurunkan ketinggian pesawat, gangguan ini menyebabkan suhu udara di kabin menjadi lebih tinggi dari semestinya.

Pesawat sudah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 18.40 WIB. Super Air Jet menyampaikan permohonan maaf yang dialami oleh para penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Siap Wujudkan Satu Kampung Satu Perawat

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement