Advertisement

Konsumsi BBM di Jateng DIY Melonjak, Terbanyak di Jalur Tol

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 21 April 2023 - 02:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Konsumsi BBM di Jateng DIY Melonjak, Terbanyak di Jalur Tol Penjualan BBM di area tol. - Ist

Advertisement

SEMARANG—Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idulfitri (RAFI) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah telah memprediksi bahwa tahun ini menjadi mudik terbesar dalam tiga tahun terakhir. Prediksi tersebut tepat jika dilihat dari konsumsi BBM.

Pertamina mencatat puncak konsumsi BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) tertinggi terjadi di hari pertama cuti bersama yaitu Rabu, 19 April 2023 naik sebesar 52% dibanding rata-rata normal harian dari 12.736 KiloLiter (KL) menjadi 19.336 KL per hari dan juga lebih tinggi dibandingkan prediksi.

Advertisement

“Kontribusi konsumsi di arus mudik kali ini didominasi oleh konsumsi di Jalur Tol SPBU, untuk SPBU di rest area jalur A dan B memang mengalami peningkatan hingga 314% pada produk Gasoline yaitu menjadi 816 KL saat tanggal 19 april kemarin, dibandingkan konsumsi rata rata normal 197 KL per hari, dan bila dibandingkan dengan konsumsi tahun 2022 yaitu 632 KL per hari untuk gasoline, maka dapat dikatakan konsumsi tahun 2023 lebih tinggi 31% dari tahun 2022 lalu,” jelas Brasto Galih Nugroho selaku Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (20/4/2023).

Lonjakan konsumsi tersebut sebelumnya telah diantisipasi oleh Pertamina dengan mempersiapkan armada dan awak Mobil Tangki lebih banyak dari 2019 yaitu dari 456 unit menjadi 515 unit di tahun ini untuk memberikan lebih mendukung kecepatan dan efisien layanan pengiriman BBM di arus mudik dan arus balik.

Baca juga: Diminati Emak-Emak, Sepeda Listrik Lebih Laris dari Motor Listrik

Brasto juga menambahkan bahwa Pertamina mengapresiasi loyalitas pengendara terhadap BBM berkualitas, pengunaan Pertamax selain memiliki banyak manfaat bagi mesin kendaraan maupun bagi lingkungan. Pertamax memiliki keunggulan meningkatkan perfoma kendaraan serta mesin lebih dingin dan awet, irit bahan bakar (efisiensi) dan ramah lingkungan.

“Meskipun puncak arus mudik telah lewat, Satgas RAFI [Ramadhan dan Idulfitri] 2023 tetap bekerja menjaga suplai BBM untuk mendukung mobilitas masyarakat hingga berakhirnya arus balik nanti. Kebutuhan BBM tetap tinggi, karena masa liburan sekolah belum berakhir sehingga kami juga memberi perhatian pada pasokan BBM di jalur sekitar tempat wisata.” ungkap Brasto.

Pertamina senantiasa mengimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki penuh di SPBU sebelum berangkat dan agar mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi MyPertamina atau menghubungi layanan kontak Pertamina Call Center 135.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemilih Muda Pilkada Bantul Kurang dari 50%, Ini Strategi KPU Tingkatkan Partisipasi

Bantul
| Jum'at, 14 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement