Advertisement

Abu Sisa Pembakaran PLTU Terus Bisa Jadi Bahan Baku Konstruksi, PLN: Ramah Lingkungan!

Anisatul Umah
Minggu, 18 Juni 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Abu Sisa Pembakaran PLTU Terus Bisa Jadi Bahan Baku Konstruksi, PLN: Ramah Lingkungan! Ilustrasi pemasasngan beton geopolimer. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT PLN terus pemanfaatan geopolimer dari abu sisa pembakaran batu bara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) dalam pengolahan bahan baku konstruksi. Geopolimer digadang-gadang bisa mereduksi emisi karbon hingga 44%, sehingga bisa menjadi salah satu bahan baku material pengganti semen yang ramah lingkungan.

Geopolimer merupakan salah satu material alternatif yang telah banyak digunakan sebagai material struktural pengganti semen. Abu terbang hasil pembakaran batu bara sebagai prekursor geopolimer mempunyai keunggulan prekursor yang rendah energi.

Advertisement

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan PLN akan terus berkolaborasi guna melakukan terobosan dan inovasi, dalam pelestarian lingkungan termasuk dalam pemanfaatan FABA.

"PLN akan terus melakukan terobosan dan inovasi teknologi sebagai komitmen perseroan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dekarbonisasi di sektor kelistrikan, khususnya PLTU, adalah bagian dari upaya tersebut," ucapnya melalui rilis, Minggu (18/6/2023).

BACA JUGA: Beroperasi Fungsional di April 2024, Begini Perkembangan Terbaru Konstruksi Tol Jogja Bawen Seksi 1 di Area Sleman

Direktur Geopolimer Indonesia, Januarti Jaya Ekaputri menjelaskan salah satu kontributor utama emisi gas rumah kaca adalah aktivitas industri, khususnya industri semen. Produksi semen berkontribusi 52% dalam emisi sektor industri.

Pemanfaatan FABA ini mejadi alternatif untuk menekan emisi karbon. Melalui peningkatan teknologi dan pengembangan kajian, FABA bisa semakin berperan dalam sirkular ekonomi dan dekarbonisasi di industri semen dan beton. "Jika penggunaan semen ini bisa disubtitusi dengan geopolimer yang berbahan baku FABA, maka mampu menurunkan emisi hingga 44%," ucap dia.

Sementara itu, Peneliti Pusat Kajian Sumberdaya Bumi Nonkonvensional Fakultas Teknik UGM, Himawan Tri Bayu Murti Petrus menyampaikan pemanfaatan FABA yang komprehensif bisa menyasar berbagai sektor.

FABA tidak ditimbun begitu saja, tetapi dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian dan pelestarian lingkungan. Dia menjelaskan FABA yang dihasilkan di Indonesia terbukti masuk kategori aman karena tidak mengandung zat radioaktif berbahaya.

Sehingga FABA di Indonesia potensial dikembangkan lebih besar lagi karena memiliki struktur rantai kimia yang lebih ramah lingkungan. "FABA produksi Indonesia justru lebih ramah lingkungan karena memiliki rantai kimia yang tidak berbahaya. Sehingga Indonesia bisa meningkatkan utilisasi FABA ini untuk jadi bahan baku ekonomis," ujar Himawan.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati mengatakan dengan berbagai kajian dan uji coba yang telah dilakukan, FABA aman dan justru mampu bermanfaat dalam mendorong sirkuler ekonomi.

"Kami paham betul bahwa operasional PLTU menghasilkan FABA yang besar. Namun, dengan pengelolaan yang baik justru kami berharap PLN dapat membuka peluang pemanfaatan FABA lebih luas dan mampu meningkatkan kegiatan sirkuler ekonomi di Indonesia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Jogja, Disediakan Doorprize dan Hiburan

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement