Advertisement

Beli Solar Subsidi Wajib Pakai QR Code, Berlaku di Semua SPBU

Khadijah Shahnaz Fitra
Minggu, 25 Juni 2023 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Beli Solar Subsidi Wajib Pakai QR Code, Berlaku di Semua SPBU Ilustrasi petugas memindahkan Bahan Bakar Minyak (BBM) di salah satu SPBU yang ada di Jakarta, beberapa waktu lalu./Bisnis Indonesia - Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pertamina Patra Niaga, sub Holding dari Pertamina kini telah menerapkan skema full QR Code untuk pembelian produk solar subsidi di 514 kota dan kabupaten se-Indonesia. 

Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan bahwa saat ini Pertamina setidaknya telah menyelesaikan tiga dari lima tahapan Program Subsidi Tepat. Oleh karena itu, sejak 22 Juni 2023, Program Subsidi Tepat khususnya untuk Solar Subsidi sudah diberlakukan skema full QR Code

Advertisement

"Artinya sudah 100 persen transaksi solar subsidi di seluruh wilayah di Indonesia wajib menunjukkan QR Code. Ini adalah tahapan ketiga dalam Program Subsidi Tepat, yakni masyarakat sudah mengutilisasi QR Code sebagai alat untuk verifikasi transaksi solar subsidi. Ini adalah tahap krusial di mana interaksi langsung dengan masyarakat terjadi,” kata Mars Ega, Minggu (25/6/2023). 

BACA JUGA: Anggota DPR Minta Subsidi Solar Ditambah Lagi

Mars Ega menjelaskan, tahap satu dari Program Subsidi Tepat adalah tahap instalasi serta penyiapan infrastruktur digitalisasi di SPBU yang telah rampung di Desember 2020.

Tahapan kedua adalah integrasi platform MyPertamina, di dalamnya ada server, situs, aplikasi, program promosi hingga media sosial yang telah dimulai sejak Juli 2022.

Mars Ega melanjutkan implementasi full QR Code ini bertujuan memudahkan dan menjaga masyarakat yang berhak agar lebih terjamin mendapatkan solar subsidi. 

“Karena semuanya mudah, mulai dari daftarnya mudah, lalu jika sudah punya QR Code transaksinya pun mudah tinggal dibawa dan dipindai oleh operator SPBU, jika tidak punya ponsel, bisa dicetak, jadi berbagai skema memudahkan sudah Pertamina siapkan. Ketika sudah dipindai tinggal bertransaksi sesuai batasan volume yang sudah ditetapkan sesuai kriteria kendaraan yang diatur dalam SK BPH Migas No 04 /P3JBT/BPH Migas/Kom/2020,” jelasnya.

Berhasilnya implementasi full QR Code ini menurut Mars Ega juga tidak terlepas dari dukungan berbagai stakeholder terkait, Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas), media massa, serta masyarakat itu sendiri.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyampaikan sebagai BUMN yang mendapat penugasan dalam mengelola BBM bersubsidi, Pertamina terus mengupayakan agar penyalurannya tepat sasaran.

"Ini upaya kami bersama-sama pemerintah menyalurkan BBM bersubsidi agar tepat sasaran kepada yang berhak. Kami juga terus mengajak masyarakat yang mampu untuk menggunakan BBM nonsubsidi," ujar Fadjar.

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

35 Calon Pedagang Kripto di Indonesia Jalani Proses Pengesahan di Bapebti

Jogja
| Sabtu, 11 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement