Advertisement

Stok Bulog DIY Aman Sampai Panen Awal Tahun Depan

Anisatul Umah
Selasa, 17 Oktober 2023 - 23:37 WIB
Maya Herawati
Stok Bulog DIY Aman Sampai Panen Awal Tahun Depan Stok beras / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bulog Kanwil DIY menyebut stok beras masih aman sampai enam bulan ke depan. Atau sampai tiba masa panen di awal tahun nanti. Hal tersebut disampaikan oleh Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil DIY, Ninik Setyowati.

Dia mengatakan terkait impor beras, Bulog DIY tidak menerima impor secara langsung. Namun mendapatkan pemindahan beras impor dari Bulog DKI dan Jawa Tengah (Jateng).

Advertisement

"Stok yang dimiliki Bulog DIY masih aman hingga enam bulan ke depan, sehingga masih cukup sampai dengan masa panen di awal tahun nanti," katanya, Selasa (17/10/2023).

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar, Bulog DIY saat ini menggelontorkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) baik melalui program Bantuan Pangan Beras maupun Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

"Dengan adanya move beras dari DKI dan Jateng otomatis menambah jumlah pasokan beras di Bulog DIY, sehingga lebih leluasa dalam melakukan intervensi pasar," jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, Bulog bertugas melakukan penyerapan CBP di tingkat produsen (petani) sesuai dengan harga pembelian pemerintah (HPP). Saat ini menurutnya, Bulog DIY masih melakukan pengadaan beras dengan mekanisme komersial, di mana jumlahnya menyesuaikan permintaan pasar.

BACA JUGA: Cawapres Ganjar Pranowo Bakal Diumumkan Besok Pagi

Bulog DIY menggelontorkan stok beras CBP untuk Bantuan Pangan Beras kepada 357.380 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau sejumlah 3.573 ton selama 3 bulan (September-November 2023). Terdiri dari Kota Jogja 248,8 ton, Kabupaten Sleman 826,1 ton, Kabupaten Gunungkidul 1.008,6 ton, Kabupaten Kulonprogo 535,3 ton, dan Kab Bantul 954,9 ton.

"Alokasi September 2023, Bantuan Pangan Beras telah 100 persen disalurkan di seluruh wilayah kota/kabupaten di DIY," jelasnya.

Untuk alokasi Oktober 2023 per 16 Oktober 2023 Bulog DIY telah menyalurkan sebanyak 77,11% atau setara 2.755 ton beras di seluruh Kota/Kabupaten wilayah DIY. "Khusus kabupaten Bantul, alokasi Oktober telah selesai 100 persen dan sedang bersiap untuk penyaluran alokasi berikutnya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

DPAD DIY Ajak Masyarakat Bijak Menggunakan Teknologi di Era Digitalisasi Lewat Gelaran Bedah Buku

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement