Advertisement

Jadi Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi DIY, Ini Tanggapan Pelaku Angkutan Pariwisata

Anisatul Umah
Kamis, 09 November 2023 - 18:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jadi Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi DIY, Ini Tanggapan Pelaku Angkutan Pariwisata Pemudik bersiap menaiki bus tujuan luar daerah di terminal Giwangan, Kota Jogja, Jumat (23/4/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat pertumbuhan ekonomi Triwulan III/ 2023 sebesar 4,96% secara tahunan (year-on-year/yoy). Sektor transportasi turut berkontribusi positif pada perekonomian DIY.

Meski tidak masuk lima besar sektor penyumbang pertumbuhan ekonomi DIY, sektor transportasi tumbuh 13,35% menyumbang 5,58% pada struktur Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). "Ada beberapa kegiatan yang justru meningkat lebih cepat lagi antra lain transportasi, meningkat 13,35 persen. Kita tahu pada 2022 masih menghadapi pandemi, sehingga mobilitas penduduk masih lebih rendah dibandingkan 2023 Triwulan III," kata Statistisi Ahli Utama BPS DIY, Sentot Bangun Widoyono dalam konferensi pers beberapa hari lalu.

Advertisement

Baca Juga: Dukung Trans Jogja, Angkutan Umum ke Wisata Parangtritis Akan Dibuka Kembali

Ketua Paguyuban Pelaku Angkutan Pariwisata Yogyakarta, Hantoro mengatakan kenaikan transportasi disebabkan beberapa faktor. Seperti tempat pariwisata yang sudah mulai dibuka, sekolah dan kampus yang mulai melakukan kegiatan studi, hingga kunjungan dari industri.

"Itu banyak yang gunakan jasa angkutan pariwisata, pasti saja kenaikan itu didukung dari dibukanya tempat wisata, sekolah dan kampus dan intansi sudah perjalanan dinas," ucapnya, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Transportasi Publik di DIY Tak Laku, Pengamat: Persulit Akses Kendaraan Pribadi!

Menurutnya pengguna layanan transportasi tahun ini sudah lebih flat dibandingkan tahun lalu yang cenderung naik turun. Di akhir tahun akan banyak siswa, mahasiswa, dasawisma hingga pengajian yang lakukan kegiatan wisata.

"Ya sudah stabil [tahun ini] karena sudah gak ada larangan, sudah enggak ada berita omicron dan lainnya."

Baca Juga: Jadwal Keberangkatan Bus Damri Jogja-Bandara YIA, Klik di Sini

Lebih lanjut dia menyampaikan, terkait dengan tahun politik akan ada pengaruhnya. Misalnya saat sedang ada pegerakan masa mungkin transportasi akan kecipratan berkah dengan disewa. Namun di sisi lain saat kampanye jalanan akan macet dan kurang kondusif.

"Di saat pergerakan masa kepentingan pergerakan masa mungkin disewa tapi di saat kampanye seperti itu kami juga gak bisa jalan keadaan ya, juga macet dan juga gak kondusif keamanannya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sama-sama Maju di Pilkada 2024, Komunikasi Kustini Dengan Danang Disebut Masih Tejalin Baik

Sleman
| Jum'at, 17 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement