Advertisement

Janji Pemerintah kepada Investor Asing: Situasi Indonesia saat Pemilu 2024 tetap Stabil

Annasa Rizki Kamalina
Sabtu, 11 November 2023 - 20:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Janji Pemerintah kepada Investor Asing: Situasi Indonesia saat Pemilu 2024 tetap Stabil Ilustrasi investasi (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Pemerintah berjanji kepada investor asing untuk memberikan jaminan aman di tengah pelaksanaan pesta demokrasi pada 2024.

Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan hal tersebut kepada para calon investor potensial, seperti Qatar, Taiwan, AS, hingga Australia yang berkunjung ke kantornya untuk menanyakan kondisi politik. Mengingat, kecenderungan investor untuk mengambil sikap wait and see pada tahun politik.

Advertisement

“Kami jelaskan ke mereka, pesta demokrasi itu sudah siklus rutin lima tahunan. Kami sudah pengalaman panjang dan sangat matang. Indonesia itu seribet apa pun, stabilitas nomor satu. Kami berani jamin,” tegasnya, dikutip Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga: Masa Kampanye Pemilu 2024 Diharapkan Dongkrak Ekonomi DIY

Susi menekankan sekalipun terjadi pergantian pemimpin, tidak akan ada perubahan yang signifikan terhadap kebijakan dasar investasi, termasuk insentif fiskal kepada dunia usaha. Terlebih, sederet insentif yang berbeda dan menarik telah disiapkan untuk menarik investor masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) maupun kawasan ekonomi khusus (KEK). “Siapapun presidennya enggak mungkin dicabut. Kalau dicabut, bubar semua investasi. kami meyakinkan investor, dinamika poltiik apapun kami berani menggaransi investasi tetap akan pada track-nya,” ucap Susi.

Baca Juga: Perekonomian Diprediksi Makin Stabil Jelang Pemilu

Sepanjang Januari hingga September 2023, mengacu data Kementerian Investasi, PMA dan PMDN yang masuk telah mencapai 75,2% dari target Rp1.400 triliun. Sementara di tahun depan, kementerian tersebut harus menjaring Rp1.650 triliun.

Baca Juga: Waspadai Pencucian Uang jelang Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan OJK

Lebih lanjut, Susi pun meyakini terhadap tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden, yang pasti memikirkan stabilitas ekonomi, termasuk investasi. Di samping itu, justru momen Pemilu diharapkan dapat mendorong belanja dan memperbaiki konsumsi baik rumah tangga maupun non rumah tangga atau LNPRT dengan tujuan mengerek pertumbuhan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Pewarta Berjibaku di Turnamen Billiar Piala Wabup Sleman 2024 di 911 SCH, Ini Para Juaranya

Sleman
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement