Advertisement

Cara Petugas Menangani Kereta Api Macet di Tengah Perjalanan: Kirim Lokomotif Penolong

Anisatul Umah
Selasa, 21 November 2023 - 04:17 WIB
Sunartono
Cara Petugas Menangani Kereta Api Macet di Tengah Perjalanan: Kirim Lokomotif Penolong Kereta api Logawa jurusan Surabaya-Purwokerto berhenti di Delanggu Klaten lantaran lokomotif rusak. - Harian Jogja/Arief Junianto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks) No.551 relasi Jogja-Kutoarjo mengalami gangguan teknis pada Senin (20/11/2023). Menyebabkan perjalanan KA terhenti lintas antara Stasiun Rewulu–Stasiun Sentolo tepatnya di KM 527+600.

Petugas pun melakukan sejumlah cara untuk membuat jalur menjadi lancar kembali salah satunya mengirimkan lokomotif penolong kereta yang macet di tengah jalur. Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan mengatakan KAI Commuter dan KAI Daop 6 Yogyakarta mengirimkan petugas ke lokasi dan berkoordinasi untuk mengirimkan lokomotif penolong guna menarik rangkaian Commuter Line Prameks yang terkendala tersebut menuju Stasiun Rewulu.

Advertisement

BACA JUGA : Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Jumat 17 November 2023

"Pada lintas yang sama juga dilakukan rekayasa pola operasi perjalanan KA-KA lainnya menggunakan hanya satu jalur baik dari arah Stasiun Rewulu maupun dari arah Stasiun Sentolo," ucapnya dalam keterangan resminya, Senin (20/11/2023).

Pengguna Commuter Line Prameks No. 551 perjalanannya dialihkan menggunakan rangkaian pengganti di Stasiun Rewulu. Pada pukul 09.18 WIB, rangkaian pengganti Commuter Line Prameks No.551 diberangkatkan kembali menuju Kutoarjo.

"Imbas kendala tersebut, untuk perjalanan Commuter Line Prameks No.552 relasi Kutoarjo – Yogyakarta jadwal pemberangkatan 09.05 WIB dan pemberangkatan Commuter Line Prameks No. 553 relasi Yogyakarta – Kutoarjo pemberangkatan pukul 10.26 WIB kemungkinan mengalami keterlambatan," katanya.

KAI Commuter akan terus melakukan upaya-upaya dalam menekan kelambatan perjalanan Commuter Line Prameks. Bagi pengguna Commuter Line Prameks No.551 yang hendak membatalkan tiket perjalananya bisa melakukan pembatalan tiketnya hingga 7 hari mendatang di loket-loket stasiun Commuter Line dan akan dikembalikan bea 100%.

BACA JUGA : Jadwal Keberangkatan Prameks Jogja-Kutoarjo

"Kami juga mengimbau agar pengguna selalu mengikuti arahan petugas di area stasiun. Untuk informasi terkini perjalanan Commuter Line Prameks bisa dilihat dari sosial media @commuterline atau dengarkan pengumuman dari petugas di stasiun, serta dapat juga menghubungi Call Center 121," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanah Uruk Tol Jogja Solo Bermasalah, Lokasi Penambangan di Sampang Gedangsari Ditolak Warga

Jogja
| Sabtu, 09 Desember 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement