Advertisement

Pemkab Bantul Gandeng BPD DIY, Dana Desa Bakal Dikelola secara Digital

Media Digital
Selasa, 23 Januari 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Pemkab Bantul Gandeng BPD DIY, Dana Desa Bakal Dikelola secara Digital Direktur BPD DIY, Santoso Rohmad (kedua kiri) saat menyaksikan penandatanganan PKS dengan Pemkab Bantul terkait dengan integrasi Siskeudes dan Digdaya, Selasa (23/1/2024). ist - BPD DIY

Advertisement

BANTUL—Bank BPD DIY bersama Pemkab Bantul menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pelaksanaan integrasi Sistem Keuangan Pemerintah Desa (Siskeudes) Bantul dengan Aplikasi Digitalisasi Dana Desa Yogyakarta (Digdaya) yang dikembangkan oleh Bank BPD DIY. Penandatanganan itu dilakukan di Hotel Ros In, Selasa (23/1/2024) oleh Pemimpin BPD DIY Cabang Bantul, Fendi Muryawan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Bantul, Sri Nuryanti yang disaksikan oleh Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad dan Sekretaris Daerah Bantul, Agus Budiraharja,

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menyampaikan bahwa kerja sama ini menjadi langkah awal pengimplementasian pengelolaan dana desa melalui layanan digital Bank BPD DIY yang terkoneksi dengan Siskeudes.

Advertisement

Hal tersebut sesuai dengan Permendagri No. 20/2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Surat Edaran Mendagri tentang Implementasi Transaksi Nontunai Pemerintah Desa.

“Kami mengembangkan aplikasi Digdaya yang telah mendapat izin dari Kemendagri untuk dapat diintegrasikan dengan Siskeudes sehingga pengelolaan keuangan bisa lebih transparan, akuntabel, cepat dan aman,” kata Santoso melalui keterangan tertulis, dikutip, Selasa.

Lebih lanjut, kata dia, Bank BPD DIY merupakan salah satu bank yang menjadi pilot project pelaksanaan Siskeudes. Sementara Bantul, juga tercatat sebagai pioner dalam implementasi dan integrasi aplikasi Digdaya dengan Siskeudes di DIY.

Dia menjelaskan, saat ini ada dua kalurahan di Bantul yang telah memanfaatkan Digdaya untuk pengelolaan keuangan desa, yakni Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, dan Sumberagung, Kapanewon Jetis. “Selanjutnya secara bertahap akan diimplementasikan pada 75 kalurahan di Bantul.”

Tata Kelola

Sementara itu, Sekda Bantul, Agus Budiraharja menyambut baik kerja sama tersebut. Dia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Bank BPD DIY yang telah bersinergi dalam memajukan Bantul.

Menurutnya, digitalisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk mendukung pelaksanaan berbagai kegiatan. “Banyak manfaat yang dapat didapatkan dengan digitalisasi, khususnya dalam pengelolaan keuangan akan menadi lebih akuntabel, transparan dan real time” katanya

Pelaksanaan integrasi Siskeudes dengan aplikasi Digdaya Bank BPD DIY, kata dia, diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan pemerintah kalurahan di Bantul melalui pemanfaatan teknologi informasi. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gerindra Jaring Calon Wali Kota Jogja Lewat Komunikasi Intensif

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement