Advertisement

UMKM DIY Digenjot Go Global, Ini langkahnya

Anisatul Umah
Kamis, 29 Februari 2024 - 21:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
UMKM DIY Digenjot Go Global, Ini langkahnya Ilustrasi ekspor impor (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) DIY terus berupaya agar UMKM di DIY bisa go global.

Kepala Dinkop UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi mengatakan saat ini sudah ada gratis ongkos kirim (Ongkir) bagi UMKM mitra SiBakul untuk keluar negeri. Menurutnya free Ongkir ke luar negeri ini menjadi sebuah edukasi bagi UMKM untuk belajar ekspor. Dinkop UKM DIY juga terus melakukan pendampingan dan pembinaan bersama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Advertisement

"Apa yang sekarang baru diinginkan pasar pihak luar, pastinya dari sisi legalitas harus kami penuhi karena masing-masing negara kan punya persyaratan tersendiri. Nah ini mau ke mana, misalnya ke Malaysia di sana halal ditekankan," ucapnya, Kamis (29/02/2024).

Baca Juga

UMKM Jogja Diajak Berjejaring dan Beradaptasi di Tengah Isu Perubahan Iklim

Seribu UMKM Dibidik Jadi Anggota Kadin DIY

Sempat Tersendat, Pengembangan UMKM lewat Jogja Smart Service Digalakkan Lagi

Ekspor lebih banyak bukan dalam kontainer besar, namun lebih ke sampel. Begitu sampel dikirim diharapkan bisa mendapatkan transaksi lebih besar. "Harapannya dengan sampel dikirim free dari kami mereka dapat transaksi yang lebih besar impact-nya," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan free ongkir ini lebih banyak masih dimanfaatkan di dalam negeri. Karena alokasinya dari Rp3,5 miliar sekitar Rp600 juta-700 juta yang untuk luar negeri. "Masih dalam negeri paling banyak [pemanfaatan Ongkir] dalam arti gak hanya di Jogja saja, kan sampai luar DIY."

Sebelumnya, Paniradya Pati Kaistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho menyampaikan tahun ini anggaran untuk free ongkir dalam negeri Rp3 miliar dan luar negeri Rp500 juta.

"Yang paling penting masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini," jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

JAB Fest 2024 Digelar Awal Mei, Pecinta Seni dan Buku Jogja Merapat!

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement